30 Hektare Food Estate di Kalteng Dikerjakan Tahun Ini

Ilustrasi Presiden Jokowi meninjau food estate. Antara

fokusmedan : Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lahan proyek lumbung pangan nasional atau food estate di Kalimantan Tengah. Tahun ini ditargetkan sekitar 30 ribu hektare akan digarap menjadi food estate di dua kabupaten di Kalteng ini.

“Totalnya di Provinsi Kalimantan Tengah untuk 2020 adalah 30 ribu hektare, di Kabupaten Pulang Pisau akan dikembangkan 10 ribu hektare di Kabupaten Kapuas akan dikerjakan 20 ribu hektare,” kata Presiden Jokowi¬† saat meninjau food estate di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (8/10/2020).

Untuk melakukan percepatan proyek lumbung pangan nasional tersebut, dia akan menggunakan alat-alat modern. Mulai dari pesawat tanpa awak (drone) untuk memupuk areal persawahan lewat udara, hingga traktor apung guna membajak sawah.

“Ini traktor khusus dan dipakai saya tanya tadi 1 hari bisa berapa hektare? operator traktor bilang 2 hektare ini adalah sebuah kecepatan,” ungkapnya.

Lahan tersebut pun rencananya tidak hanya ditanam padi, tetapi nantinya di beberapa sisi akan ditanami jeruk, bawang merah hingga kelapa.

Kemudian, Jokowi juga berencana menggabungkan budidayakan ikan dan itik di lahan tersebut. Dia juga berharap dengan model kombinasi model bisnis tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Dengan cara-cara ini kita harapkan pendapatan petani akan naik. Ini kombinasi model bisnis seperti ini akan kita coba lebih dulu begitu kita lihat ini bagus, sukses dan bagus, model bisnisnya akan kita copy di tempat-tempat lain per 1.000 hektare lahan, akan ada model-model bisnis yang akan kita bangun,” tutupnya.(ng)