19/04/2024 15:12
EKONOMI & BISNIS

Bursa Global Naik, IHSG Ikut Naik

fokusmedan : Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) membaik seiring dengan pulihnya kinerja indeks saham global yang dimotori oleh bursa di AS. Hanya saja, mengacu kepada perdagangan kemarin, IHSG justru ditutup minus sekalipun sentimen bursa di luar kemarin sebenarnya mampu mendorong tren penguatan bursa tanah air.

“Namun kenyataan memang tidak selalu sama dengan ekspektasi. Sehingga pelaku pasar saya yakin masih akan berhati-hati,” kata Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin, Selasa (29/9/2020).

IHSG dibuka naik di level 4.929,33, dan masih berada di zona positif sejauh ini. Sementara itu, mata uang Rupiah sejauh ini juga diperdagangkan menguat di level 14.885 per US Dolar.

Menurut Gunawan, membaiknya kinerja pasar keuangan tidak terlepas dari paket stimulus yang akan digelontorkan oleh pemerintah AS. Selama paket stimulus dikeluarkan, maka respon positif akan ditunjukan oleh kinerja indek saham, namun akan memberikan implikasi buruk bagi kinerja mata uang US Dolar itu sendiri.

Namun untuk pasar keuangan, lanjutnya, tetap mewaspadai kemungkinan aksi jual yang berlanjut. Dikarenakan baik sentimen eksternal maupun internal saat ini belum sepenuhnya mengalami pemulihan secara fundamental dan bisa menopang kinerja pasar keuangan dalam jangka panjang.(ng)