IHSG Menguat Tipis dan Rupiah Melemah Tipis, Tetap Waspada Koreksi! 

fokusmedan : Kinerja pasar keuangan pada mengalami pemulihan namun pagi ini hanya membukukan kenaikan tipis. Kenaikan IHSG sendiri masih terbilang landai karena meskipun menguat disesi pembukaan di level 4.867,96.

Tetapi IHSG seakan enggan untuk beranjak menguat lebih jauh. Ini karena trennya mencoba ke bawah dan sejauh ini mencoba mendekati level penutupan sehari sebelumnya.

Sementara itu, Rupiah bergerak melemah diperdagangkan di atas 14.900 atau tepatnya dikisaran level 14.908 per US Dolar. Rupiah sendiri juga masih akan berkonsolidasi di level 14.900 akhir pekan ini karena trennya masih menunjukan adanya potensi tekanan walaupun tidak sebesar 3 hari perdagangan belakangan ini.

Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin menyebutkan, tren penguatan US Dolar juga membuat harga emas dunia belakangan ini mengalami penurunan. Sejauh ini emas bertengger di kisaran level $1.864 per ons troy.

“Emas belakangan tidak begitu diminati seiring dengan mulai membaiknya sikap investor dalam menyikapi data data di AS. Walaupun inflasi masih menjadi PR besar di AS yang diyakini masih belum akan capai target 2% dalam waktu dekat,” ujarnya, Jumat (25/9/2020).

Akhir pekan ini, IHSG dan Rupiah masih berpeluang untuk diperdagangkan di zona hijau. Minimnya sentimen membuat pelaku pasar juga harus berhati hati dengan kemungkinan terjadinya koreksi secara tiba-tiba.(ng)