Jelang HUT ke-75 TNI, Lanud Soewondo Bersama PSMTI Sumut dan Yayasan Hope Gelar Donor Darah

Kegiatan donor darah di Lanud Soewondo.Ist

fokusmedan : Sedikitnya 127 kantong darah berhasil dikumpulkan dalam donor darah sehat bertema “Sinergi untuk Negeri” di Shelter Charlie Lanud Soewondo, Selasa (22/9/2020). Kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-75 TNI ini dilaksanakan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Sumut bekerjasama dengan Lanud Soewondo dan Yayasan HOPE Medan.

Bakti sosial tersebut juga didukung oleh sejumlah yayasan diantaranya, PSMTI Kota Medan, Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) Sumut, Persaudaraan Wanita Tionghoa Indonesia (PERWANTI) Sumut, Ikatan Citra Alumni Taiwan (ICATI) Sumut, Senam Peremajaan Diri (HAQI), Yayasan Kasih Sayang Abadi Medan dan Taman Alam Lumbini.

Ketua Panitia Donor Darah Sehat, dr Ferry Soemardi mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 terbukti masih banyak yang berani mendonorkan darahnya. Sedikitnya, ada ratusan orang mendaftar pada kegiatan donor darah tersebut.

“Sebanyak 159 yang mendaftar namun yang berhasil diambil darahnya 127 kantong. Sisanya atau sekitar 32 orang belum berhasil,” katanya pada siaran pers, Rabu (23/9/2020) didampingi Sekretaris Panitia Nelly Tan dan Bendahara, drg Husin.

Sementara itu, Ketua Harian PSMTI Sumut, Joko Dharmanadi mewakili Ketua PSMTI Sumut, Tongariodjo Angkasa Ginting SE,MBA,MM,MSc mengatakan, kegiatan donor darah ini baik untuk kesehatan dan dapat menolong orang lain. Apalagi, di masa pandemi corona saat ini, banyak yang takut mendonorkan darahnya sehingga stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) terbatas.

“Donor darah yang kita lakukan sesuai protokol kesehatan. Jadi kita mengimbau pada masyarakat jangan takut untuk mendonorkan darahnya karena setetes darah kita bisa membantu  nyawa orang yang membutuhkan,” ujarnya.

Ketua Yayasan HOPE, Samsudin Zhang  menambahkan, sebelum melaksanakan donor darah, seluruh peserta diwajibkan untuk melakukan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Setiap peserta wajib cuci tangan, tes suhu badan dan saat pendaftaran para pendonor dipersilakan antri duduk dengan menjaga jarak atau sosial distancing. Setiap kali setelah donor darah selesai, tempat tidur disemprot dan disterilkan dengan cairan disinfektan.

Ia menambahkan, donor darah tidak menularkan virus Corona. Karena sampai saat ini belum ada bukti bahwa transfusi bisa menularkan virus Corona.

Sebelumnya, Pangkosekhanudnas III, Marsma TNI Esron Sinaga mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan sosial yang positif. Disamping itu, kegiatan donor darah ini merupakan salah satu rangkaian dalam menyambut HUT TNI ke-75.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Sekretaris PSMTI Sumut, Kundjung, Pengurus Yayasan Hope, pengurus IPTI Sumut, Perwanti Sumut, Ketua dan Pengurus PSMTI Kota Medan dan PSMTI Kecamatan se-kota Medan.(ng)