20/04/2024 20:38
NASIONAL

Masuk Musim Pancaroba, Masyarakat Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem

fokusmedan : BMKG meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan selama pancaroba menjelang masuknya musim hujan di tahun 2020 dan 2021.

“Perlu disampaikan kembali bahwa kewaspadaan terhadap hujan dengan intensitas tinggi tetap perlu terus ditingkatkan,” kata Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto dalam keterangan tertulis dikutip dari merdeka.com, Selasa (22/9/2020).

Guswato menyampaikan BMKG telah mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan tahun 2020. Diprediksikan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode awal musim hujan mulai akhir bulan Oktober dan November 2020.

Sementara itu, selama bulan September dan Oktober ini merupakan periode peralihan musim atau dikenal dengan pancaroba.

“Dari kemarau ke penghujan masih berlangsung di beberapa wilayah Indonesia, di mana kondisi hujan tidak merata dapat terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat, ucap dia

Menurut dia, pada masa peralihan musim ini, perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat atau petir, angin kencang, angin puting beliung, bahkan fenomena hujan es.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” ucap dia.

(Rio)