BPS Sumut Lakukan Pendataan Tunawisma dan ABK

 

fokusmedan : Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara (Sumut) melakukan pendataan ke tunawisma dan Anak Buah Kapal (ABK) secara serentak di 16 titik di Kota Medan dan sekitarnya. Kegiatan tersebut bertujuan untuk melengkapi data penduduk di sensus penduduk 2020.

“Hari ini merupakan hari sensus (Census Date). Jadi seluruh petugas BPS mulai bergerak pukul 21.00-6.00 WIB untuk mendata tunawisma dan ABK,” kata Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi didampingi Kepala BPS Kota Medan, Enny Nuryani Nst disela pendataan tunawisma di Lapangan Merdeka Medan, Selasa (15/9/2020) malam.

Suhaimi melanjutkan, pihaknya menurunkan 8 tim untuk menyebar ke 16 titik di Medan dalam mendata tunawisma dan ABK. Diantaranya di Kesawan, Lapangan Merdeka, Stadion Teladan, Taman Gajah Mada, Terminal Amplas, Petisah Pinang Baris, Belawan dan lainnya.

“Targetnya, ya yang kita dapat malam ini saja. Sebelumnya kita sudah pantau daerah mana mereka sering menginap dan pendataan ini dilakukan terutama di kota-kota, kalau di desakan jarang ada,” ujarnya.

Diterangkannya, guna pendatan ini untuk dimasukkam ke jumlah penduduk yang termasuk dalam karakteristik atau kelompok tunawisma. Sehingga data tersebut bisa digunakan Dinas Sosial untuk kepentingan pemerintah.

Suhaimi menambahkan, sensus penduduk langsung ini secara nasional di mulai 1 September 2020. Namun di Sumut dilakukan mulai 8 September kemarin karena pengiriman dokumen sedikit terlambat.

Begitupun, ia optimis dapat menyelesaikan pendataan penduduk hingga delapan hari ke depan. Hingga saat ini, BPS Sumut sudah melakukan sensus penduduk sekitar 45% dari proyeksi jumlah penduduk Sumatera Utara tahun 2020.

“Masyarakat mendukung sensus ini, memang ada beberapa yang menolak tapi itu adalah tugas BPS untuk melaksanakan dan sensus tidak ada hubungan dengan apa-apa. Kita yakin sensus ini akan selesai sesuai jadwal,” pungkasnya.(ng)