Pandemi, Pemasaran Online Jadi Solusi Bagi UMKM

fokusmedan : Dukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui penguatan UMKM di masa pandemi Covid-19, Kantor OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara bersama Pemerintah Kota Tanjung Balai, PT Bank Sumut dan Shopee Indonesia gelar Business Matching Akses Kredit UMKM dan Pelatihan UMKM Go Online secara virtual.

Kegiatan yang diikuti oleh 90 pelaku UMKM Kota Tanjung Balai ini memfasilitasi akses KUR dan cara berjualan secara online kepada para pelaku UMKM.

Deputi Direktur OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara, Andi M Yusuf mengatakan, pentingnya mendorong kembali aktifitas UMKM dalam masa pandemi Covid-19 sehingga dapat menjadi motor pemulihan ekonomi daerah. Antara lain melalui akses kredit untuk permodalan UMKM.

Selain itu,  lanjutnya, dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, pemanfaatan pemasaran secara online dapat menjadi solusi bagi pelaku UMKM. Hal ini agar dapat terus menjalankan operasional usahanya melalui pemanfaatan marketplace.

“Dua besaran penting inilah yang melatarbelakangi pelaksanaan kegiatan kali ini. Bagaimana UMKM kita dapat kembali beraktifitas melalui dukungan akses pembiayaan bank dan sekaligus pendampingan tentang teknis berjualan di marketplace,” katanya melalui siaran pers, Senin (14/9/2020).

Seiring upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19, pelaksanaan program perluasan akses keuangan terutama kredit UMKM di Sumatera Utara terus diakselerasi pencapaiannya.

Yusup Ansori merinci, kredit dalam rangka program PEN di Sumut disalurkan Bank HIMBARA dari hasil pemantauan periode Juli-Agustus 2020 telah terealisasi sebesar Rp3,33 Triliun kepada 43.276 debitur. Realisasi kredit PEN ini sudah 99,14% dari target hingga akhir September 2020 sebesar Rp3,35 Triliun.

Asisten Ekonomi Pembangunan dan Sosial Kota Tanjung Balai, Drs. H. Zainul Arifin menyampaikan apresiasi kepada OJK Regional 5 Sumbagut yang telah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tanjung Balai melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) memfasilitasi UMKM di kota Tanjung Balai dengan akses pembiayaan modal UMKM pada bank dan pemasaran melalui online. Sehingga dapat meningkatkan aktifitas usaha khususnya di masa pandemi Covid-19.(ng)