Ketua KPA Sumut Sambut Baik Usulan FP ADHA

 

fokusmedan : Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Sumatera Utara, dr Mahyono, SpB, SpBA sambut baik usulan Forum Peduli Anak Dengan HIV/AIDS (FP-ADHA) untuk secara tegas memasukkan ADHA dalam draft atau Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS di Sumatera Utara.

Hal tersebut ditindaklanjuti dengan melaksanakan pertemuan membahas hal tersebut bersama pengurus KPA dengan mitra, khususnya lembaga nonpemerintah (NGO) yang peduli dengan HIV/AIDS di Sumatera Utara di Kantor KPA Sumut di Medan, Sabtu (12/9/2020).

“Pertemuan ini kita laksanakan sebagai bentuk respon kita untuk menampung masukan dari berbagai elemen termasuk Forum Peduli ADHA yang selama ini sudah melaksanakan berbagai program untuk ADHA. Sehingga, kita dapat memberi usulan terbaik untuk kepentingan masyarakat kepada DPRD Sumut,” jelas dr Mahyono didampingi Wakil Ketua Ikrimah Hamidy dan Sekretaris H Ahmad Raja Nasution serta Bendahara Achmad Ramadhan, usai pertemuan tersebut.

Dijelaskannya, saat audiensi ke DPRD Sumut pihaknya telah mengusulkan terkait Ranperda tersebut dan sedang disusun naskah akademiknya sebelum diserahkan ke DPRD Sumut.

“Pembahasan hari ini memberi kesempatan untuk memberikan masukan sebelum Raperda difinalisasi sebagai naskah akademik. Kita gembira karena pertemuan ini juga menunjukkan dukungan dari berbagai elemen untuk KPA melaksanakan tugas fungsinya,” papar dr Mahyono.

Sementara itu, Ketua FP-ADHA, Saurma MGP Siahaan, M.IKom, MIPR didampingi Sekretaris, Khairiah Lubis mengatakan Ibu Asuh ADHA, Ny Nawal Edy Rahmayadi mengapresiasi Ketua KPA Sumut yang cukup responsif terhadap usulan yang disampaikan pihaknya.

“FP-ADHA bersama Ibu Asuh ADHA, Ibu Nawal Edy Rahmayadi berharap dengan adanya Perda Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS ini maka persoalan-persoalan yang selama ini kerap muncul terkait ADHA dapat  diminimalisir dan ADHA mendapatkan haknya sebagaimana anak lainnya,” ungkap Saurma.

Turut hadir dari berbagai elemen dalam pertemuan tersebut diantaranya dr. H. M. Sakti Siregar, L. Marsudi Budi Utomo, Sumarno Sri Wibowo, HM Yusuf, Badurani Lubis dan Baity Tarigan.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas berbagai masukan lainnya. KPA Sumut saat ini juga tengah membangun sinergi dengan berbagai pihak dalam hal mendata berbagai permasalahan yang ada terkait HIV/AIDS di Sumatera Utara untuk bersama-sama mencarikan jalan keluar terbaik.(ril)