Rumor PSBB Jakarta Direvisi, IHSG Berbalik Menguat 

 

fokusmedan : Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sesi perdagangan pagi sempat melemah hingga minus 2,8%. Mampu berbalik arah dengan ditutup menguat diatas level psikologis 5.000.

Pada penutupan perdagangan hari ini, IHSG ditutup naik 2,56% di level 5.016,71. Kinerja IHSG menguat setelah muncul rumor bahwa pemberlakukan PSBB di Jakarta akan direvisi.

Sementara itu, mata uang rupiah yang sempat dijual di atas 15.000 per US Dolar, bahkan sempat di 15.050 per US Dolar. Dan di pasar spot sendiri sempat diperdagangkan di level 14.950 per US Dolar.

Namun menjelang penutupan, Rupiah mampu di tutup di level 14.890 per US Dolar. Meski demikian, Rupiah tetap saja ditutup melemah dibandingkan dengan perdagangan sehari sebelumnya.

“Membaiknya kinerja pasar keuangan hari ini tidak terlepas dari munculnya harapan akan direvisinya kebijakan PSBB di Jakarta. Muncul kabar yang menyatakan bahwa di akhir pekan ini Pak Luhut Binsar Panjaitan akan bertemu dengan Pak Anies Baswedan untuk membahas mengenai revisi PSBB di Jakarta,” ujar Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin, Jumat (11/9/2020).

Sontak kabar tersebut langsung menjadi kabar baik di pasar keuangan. Yang membuat IHSG dan Rupiah langsung mengurangi kerugiannya. Dan untuk IHSG mampu ditutup di zona hijau.

Kinerja pasar keuangan secara keseluruhan diakhir pekan ini diwarnai badai hebat di sesi pembukaan. Namun, badai tersebut sirna dalam waktu singkat dan membuat kinerja pasar keuangan berada dalam track menguat menjelang sesi pertama usai hingga sesi penutupan perdagangan.

Namun, penguatan IHSG pada perdagangan hari ini menyisahkan catatan penting. Diantaranya aksi jual asing yang membukukan transaksi senilai 2,26 triliun.

Aksi jual tersebut justru menyisahkan pertanyaan besar. Kenapa ada net sell sebesar itu?. Dan menjadi kekhawatiran kalau kalau nantinya justru terjadi tekanan lanjutan di pekan depan.(ng)