Sebulan Setelah Ledakan Dahsyat, Pelabuhan Beirut Kebakaran

fokusmedan : Kebakaran dahsyat terjadi di Pelabuhan Beirut, Lebanon hari ini. Peristiwa ini memicu kepanikan di antara warga yang trauma dengan ledakan besar bulan lalu yang menewaskan dan melukai ribuan orang.

Kebakaran ini menimbulkan gumpalan awan hitam ke udara. Sampai saat ini penyebab kebakaran belum diketahui, demikian dikutip dari The Times of Israel, Kamis (10/9).

Pihak militer Lebanon mengatakan kobaran api terjadi di gudang tempat penyimpanan bahan bakar di pelabuhan. Helikopter tentara pun ikut berupaya memadamkan api.

Stasiun TV lokal mengatakan perusahaan yang memiliki kantor di dekat pelabuhan telah meminta karyawannya untuk meninggalkan daerah tersebut. Penduduk yang panik membuka jendela serta memanggil satu sama lain, untuk memperingatkan tentang kebakaran tersebut.

Juru bicara polisi Kolonel Joseph Msalam mengatakan mereka tidak memiliki informasi tentang apa yang terjadi di pelabuhan dan fasilitas tersebut juga di bawah kendali tentara.

“Saya tidak tahu. Bisa jadi peti kemas. Saya benar-benar tidak tahu apa yang ada di sana,” jelasnya saat ditanya tentang laporan kebakaran yang disebabkan oleh ban dan oli yang terbakar.

Pasukan Lebanon menutup jalan utama yang melewati dekat pelabuhan yang merujuk lalu lintas ke daerah lain. Untungnya tidak ada laporan korban luka.

Ledakan 4 Agustus lalu menewaskan lebih dari 190 orang, serta melukai sekitar 6.500 orang dan merusak ribuan bangunan di Beirut.(yaya)