Suhu Capai 50 Derajat Celcius, KJRI LA Rilis Imbauan untuk WNI di California

fokumedan : Cuaca ekstrem yang melanda California sejak Sabtu (5/9/2020) menyentuh suhu hingga 48 derajat Celsius di beberapa daerah selatan negara bagian California, Amerika Serikat (AS).

“Suhu udara di California Selatan dalam beberapa hari ke depan sangat ekstrem. Di beberapa wilayah bahkan mencapai hampir 50 derajat Celsius,” jelas Ardian Budhi Nugroho, Konsul Protokol dan Konsuler KJRI Los Angeles melansir Kompas.com, Senin (7/9/2020).

Untuk menanganinya, Konsulat Jenderal RI di Los Angeles terus melakukan komunikasi intensif dengan kantong-kantong WNI di California Selatan.

“Kami terus berkomunikasi dengan para WNI kita. Sejauh ini, WNI kita tidak ada yang terdampak serius akibat cuaca ekstrem ini,” tambah Ardian.

Sementara itu menurut pengakuan Suwanto WNI yang bermukim di Los Angeles, cuaca sangat panas di kawasan tempat tinggalnya.

“Cuaca luar biasa panas. Kemarin (5/9/2020), saya dan Komunitas Gowes Indonesia di Los Angeles gowes di sekitaran LA dan cuaca panas sekali. Anginnya pun panas,” bebernya.

“Suhu udara hari ini 45 derajat Celsius. Kemarin (5/9/2020) mencapai 48 derajat Celsius. Puji Tuhan kami dan komunitas kami sehat semua,” sambung Jaurat Sianturi, diaspora Indonesia yang bermukim di California Selatan.

Cuaca ekstrem yang melanda California di libur panjang “Hari Buruh” ini juga berpotensi mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan.

“Panasnya udara dan angin dalam beberapa hari ini disinyalir dapat memicu kebakaran hutan dan lahan. Kami menghimbau agar WNI hati-hati dan waspada,” tukas Ardian.

KJRI Los Angeles kemudian merilis imbauan kepada WNI di wilayah itu, tentang apa saja yang harus dilakukan saat terjadi gelombang panas.

Tips-tips dari KJRI Los Angeles di antaranya minum air yang cukup, membatasi kegiatan outdoor dengan tetap di rumah, gunakan sunblock dan pakaian yang nyaman, serta jangan meninggalkan anak atau hewan peliharaan terlalu lama di mobil tanpa pengawasan.

KJRI LA juga mengimbau para WNI untuk saling menjaga kesehatan satu sama lain, dan mencantumkan nomor hotline KJRI LA di (213) 590-8095.(ng)