Jibom Brimob Polda Sumut Evakuasi Granat Temuan Warga di Sergai

fokusmedan : Bom jenis granat militer MK 1 ditemukan di pinggir sungai di Desa Naga Kesiangan, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Sergai, Sumut, Sabtu (05/09).

Informasi yang dihimpun, bom diduga sisa zaman Perang Dunia II yang ditemukan seorang warga bernama Sabaruddin. Sebelumnya Sabaruddin pada saat itu sedang memancing di seputaran Sungai di Desa Naga Kesiangan.

Melihat benda aneh tersebut, Sabaruddin reflek meletakkan benda tersebut ke dalam ember yang kebetulan dibawa nya pada saat memancing dan melaporkannya ke Polsek Tebing Tinggi. Polisi yang menerima laporan langsung berkoordinasi dengan Subden Jibom Brimob Polda Sumut.

“Benar, ditemukan warga saat sedang memancing,” kata Kasubden Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut, AKP Daud Pelawi, Sabtu malam (5/9/2020).

Baca Juga : Ajakan Kencan di Hotel Ditolak, Pria Ini Ngamuk Rampas Hp Teman Wanitanya

Subden Jibom Brimob Polda Sumut kemudian turun ke lokasi untuk penanganan , pihaknya lalu berkoordinasi dengan Kapolsek Tebing Tinggi Iptu Dhoraria S Simanjuntak SH,MH. untuk melakukan pendisposalan (musnahkan) bom temuan warga tersebut.

“Kasubden Jibom memerintahkan Operator 1 untuk melaksanakan Disposal dengan menyiapkan Bahan peledak yang akan digunakan untuk Pendisposalan. Pendisposalan dilakukan Minggu (6/9/2020) sekitar pukul 16.30 WIB,” ungkapnya.

Daud Pelawi mengatakan, proses Disposal dilakukan dengan aman dan lancar dan untuk kondisi bom militer itu sendiri hasilnya hancur. “Kita sudah mengecek kondisi bom yang didisposal, dan hasilnya hancur,” pungkasnya.

(Rio)