Hari Pelanggan Nasional, PLN UIW Sumut Gelar Webinar Peduli Pelanggan

PLN UIW Sumut gelar Webinar.Ist

fokusmedan : Peringatan Hari Pelanggan Nasional (HPN), PLN Unit Induk Wilayah  (UIW) Sumut gelar Webinar Peduli Pelanggan bertema Kesiapan Sistem Kelistrikan dan Pelayanan Pelanggan untuk Mendukung Investasi di Sumatera Utara, Jumat (4/9/2020). Webinar diikuti stakeholder dan pelanggan.

General Manager PLN UIW Sumut, M Irwansyah Putra menyampaikan, PLN selalu berkomitmen untuk untuk terus hadir dan tumbuh bersama pelanggan.

Berdasarkan data per 29 Mei 2020, paparnya, PLN telah memberikan bantuan pemulihan ekonomi untuk masyarakat sebesar Rp.14,05 miliar melalui PLN Peduli, Rp23,8 miliar donasi pegawai. Kemudian, Rp7,77 miliar untuk aksi solidaritas Yayasan Baitul Maal PLN serta Rp3,654 triliun stimulus listrik gratis.

Khusus untuk stimulus listrik berupa diskon listrik bagi pelanggan tarif Rumah Tangga Daya 450VA sebesar 100% dan 900 VA sebesar 50%, telah diperpanjang hingga Desember 2020.
Sementara untuk meringankan beban di sektor UMKM, PLN juga memberikan diskon 100% bagi pelanggan bisnis kecil (B1/450VA) serta industri kecil (I1/450VA) hingga Desember 2020.

PLN juga memberikan stimulus Energi Minimum dan Abodemen untuk pelanggan Tarif I (Industri), B (Bisnis) dan S (Sosial) mulai dari daya 1300VA sejak Juli sampai dengan Desember 2020. Di mana pelanggan dengan kelompok tarif dan daya tersebut cukup membayarkan tagihan sesuai dengan pemakaian tanpa dikenakan abodemen atau Energi Minimum.

“Selain itu, untuk pelanggan tarif rumah tangga R1 (1300-2200 VA), Tarif R2, Tarif R3, serta tarif Bisnis Tegangan Rendah (B2) dan tarif P1 juga mendapatkan stimulus penurunan tarif listrik sebesar Rp22,58 per kWh. Penurunan Tarif listrik ini efektif berlaku mulai bulan Oktober 2020 sampai dengan Desember 2020,” terangnya.

Manager HR PT Agincourt Resources, AR Burhan selaku perwakilan pelanggan PLN UIW Sumatera Utara menyampaikan apresiasi atas layanan PLN. Menurut Burhan, selama ini tidak ada kendala kelistrikan sehingga proses produksi PT Agincourt dapat berjalan lancar.

“Saya berterimakasih atas layanan terbaik dari PLN. Selama ini tidak pernah ada kendala, meskipun dalam kondisi Covid-19 seperti saat ini,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Manager Pembibitan PT Indofood  Fritolay Makmur,  Suryanto Lim dalam testimoninya.

Suryanto mengatakan, kualitas kelitrikan untuk mendukung proses bisnis PT Indofood  Fritolay Makmur tidak terkendala meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19.

Selain mengadakan webinar pelayanan pelanggan serentak, PLN juga memberikan promo ubah nama/balik nama gratis  dari tanggal 4-11 September. Serta promo tambah daya diskon 75% Super Merdeka untuk pelanggan UMKM/IKM.(ng)