Cara Menghilangkan Iklan di Youtube dengan Mudah dan Cepat, Bikin Nonton Lebih Nyaman

fokusmedan : YouTube yang menjadi mesin pencari terbesar kedua di dunia, telah menjadi salah satu tujuan online terpenting untuk menonton konten video. Jumlah konten berkualitas yang dapat Anda nikmati di YouTube secara gratis cukup mencengangkan. Tentu saja tidak ada yang benar-benar tanpa biaya, dan biasanya ini berbentuk iklan.

Sebagian besar dapat dilewati setelah lima detik, yang merupakan harga kecil untuk membayar konten yang Anda terima, tetapi semakin lama semakin lama iklan yang harus Anda tonton secara penuh.

Baik itu streaming langsung dari berita terhangat atau peluncuran produk baru, kita mengonsumsi lebih dari 1 miliar jam video YouTube setiap hari. Ini lebih dari jumlah gabungan video Netflix dan Facebook, yang menunjukkan bagaimana platformmendominasi kehidupan online kita.

Kabar baiknya adalah Anda dapat menemukan banyak sekali informasi berguna di layanan video ini secara gratis. Kabar buruknya adalah Anda harus menonton iklan terlebih dahulu. Kita tahu bahwa kreator mendapatkan uang dengan menempatkan iklan di videonya. Namun, iklan ini sering kali tidak banyak membantu meningkatkan pengalaman online atau membuat kita ingin membeli apa pun yang sedang dipromosikan.

Sebaliknya itu biasanya membuat pengguna frustrasi, mengganggu aliran video dan bahkan membuat lebih tidak sabar mematikan atau mengklik di tempat lain. Oleh sebab itu simak cara menghilangkan iklan di youtube berikut ini:

Cara Menghilangkan Iklan di Youtube

1. Mengunduh Video

Apakah Anda pernah mendownload video dari YouTube? Di tahun 2020, di era Wi-Fi dan internet 5G yang gratis dan tidak terbatas, Anda mungkin menganggap kebiasaan ini sebagai sisa-sisa zaman dulu.

Namun cara ini cukup jelas berfungsi dalam hal menghilangkan iklan dari YouTube. Metode ini mungkin relevan untuk konsumen yang menonton video YouTube dalam durasi panjang, tetapi tetap tidak ingin melihat iklan apa pun.

Salah satu cara termudah untuk mendownload video adalah dengan menambahkan ‘ss’ sebelum ‘youtube’ ke dalam URL video. Misalnya, https://www.ssyoutube.com. Cara lain adalah dengan menggunakan layanan pihak ketiga seperti ClipGrab atau Savefrom.

2. Langganan Premium

Cara menghilangkan iklan di youtube yang kedua yaitu dengan langganan premium. Opsi ini melibatkan langganan berbayar ke YouTube Premium, keanggotaan premium yang dirancang untuk pengalaman yang lebih baik dan lebih lancar di YouTube, YouTube Musik, dan YouTube Gaming.

Yang menarik, daftar wilayah tempat YouTube Premium tersedia telah berkembang secara signifikan sejak layanan tersebut diperkenalkan.

Jika Anda adalah pengguna YouTube biasa, Anda harus mempertimbangkan untuk beralih ke YouTube Premium untuk mendapatkan konten bebas iklan dan fitur lanjutan seperti pemutaran latar belakang (yang memungkinkan Anda memutar musik meskipun aplikasi YouTube tidak aktif), daftar putar yang disesuaikan dengan selera Anda, dan pilihan praktis untuk mengunduh video.

Pengaturan Youtube

Misalnya, Anda menjalankan saluran YouTube dan menghasilkan uang dari iklan yang ditampilkan di samping konten Anda. Jika Anda ingin membuat pengalaman pemirsa lebih menyenangkan, Anda dapat mematikan iklan apa pun untuk masing-masing video di saluran Anda.

Berikut cara melakukannya dilansir dari Clario:

  1. Masuk ke YouTube,
  2. Klik gambar profil Anda, lalu buka YouTube Studio,
  3. Pilih Video dari menu kiri,
  4. Pilih video yang iklannya ingin Anda nonaktifkan,
  5. Klik Monetisasi di menu sebelah kiri,
  6. Di kotak Monetisasi, klik Nonaktif dan Terapkan perubahan,
  7. Klik Simpan di kanan atas.

Memblokir Iklan

Cara lain yang dapat diandalkan untuk menghindari iklan YouTube adalah dengan menggunakan aplikasi pemblokir iklan atau ekstensi browser web yang bagus. Solusi seperti ini akan memblokir iklan tidak hanya di YouTube tetapi juga di situs web lain.

Ini termasuk iklan pop-up, spanduk, pengalihan dan, terkadang, bahkan pelacak iklan yang menampilkan promosi berdasarkan perilaku online Anda sebelumnya. Berikut caranya dilansir dari Tech Advisor

Chrome

Jika Anda pengguna Chrome, cara untuk menemukan dan memasang pemblokir iklan Anda adalah dengan membuka tab baru, lalu klik kotak persegi berwarna-warni di sudut kiri atas layar. Pada halaman berikut, klik dua kali opsi Toko Web, lalu cari ‘pemblokir iklan’. Anda akan melihat sejumlah opsi di bagian Ekstensi. Klik Hasil Ekstensi Lainnya untuk membuka seluruh konten yang ditawarkan.

Salah satu yang sangat efektif adalah Adblock Plus. Klik pada daftar yang ingin Anda gunakan, lalu klik tombol Tambahkan ke Chrome.

Sekarang Anda akan melihat ikon muncul di sebelah kanan bilah pencarian Chrome Anda. Mengklik ini akan membuka berbagai pengaturan yang dapat Anda gunakan dengan perangkat lunak. Ingatlah, jika Anda menggunakan situs secara teratur maka mungkin menambahkannya ke daftar putih aplikasi sehingga akan menayangkan beberapa iklan dan membayar pembuat konten yang Anda sukai.

Firefox

Jika Firefox adalah browser pilihan Anda, maka metode yang digunakan hampir sama. Buka tab baru. Klik pada tiga baris di sudut kanan atas lalu pilih Add-on dari menu dropdown. Ketik ‘pemblokir iklan’ ke dalam kotak pencarian di sudut kanan atas, pilih aplikasi yang ingin Anda gunakan dari daftar yang muncul, lalu klik Instal.

Microsoft Edge

Hampir sama seperti pada browser di atas, pemblokir iklan tersedia untuk Edge. Untuk menginstalnya, buka tab baru, lalu klik pada tiga titik di sudut kanan atas. Dari menu tarik-turun pilih Ekstensi lalu klik Dapatkan ekstensi dari opsi Toko.

Sekarang cari ‘adblock’, klik ikon Adblock Plus dan klik Dapatkan. Adblock Plus akan menginstal dan setelah selesai Anda akan melihatnya muncul di bagian Extensions di Edge. Klik ‘Hidupkan’ dan Anda dapat mulai menonton YouTube tanpa gangguan.

Internet Explorer

IE juga memiliki pemblokir iklan. Untuk menemukannya, klik simbol roda gigi di sudut kanan atas tepat di bawah tombol X. Dari menu tarik-turun pilih Kelola add-on lalu turun ke bagian bawah kotak yang muncul dan klik Temukan bilah alat dan ekstensi lainnya.

Cari lagi adblock, pilih yang Anda inginkan, klik ‘Dapatkan Aplikasi’ dan itu akan dipasang secara otomatis.

Gunakan Pemblokir Iklan di iPhone atau iPad

Aplikasi YouTube dengan mudah adalah cara terbaik untuk mengonsumsi konten di platform video, tetapi tidak ada cara untuk memblokir iklan. Ini tidak mengherankan karena ini berarti Google memberdayakan Anda untuk mengambil aliran pendapatannya.

Jika Anda ingin meminimalkan iklan yang Anda lihat di iPhone atau iPad, Anda dapat mengunduh aplikasi seperti Adblock Plus atau Crystal dari App store, keduanya dapat digunakan di browser Safari.

Unduh pemblokir yang Anda sukai lalu buka aplikasi Pengaturan iOS dan arahkan ke Safari> Pemblokir Konten, dan aktifkan aplikasi. Sekarang ketika Anda menggunakan Safari, Anda akan melihat iklan telah menghilang atau setidaknya dalam jumlah yang berkurang.

Gunakan pemblokir iklan di Android

Meskipun Android adalah platform yang biasanya lebih terbuka daripada iOS, tampaknya ada sesuatu yang sedang terjadi, dengan Google sering menemukan cara untuk menghindari pemblokir iklan.

Saat ini tidak jelas rute mana yang terbaik ke YouTube bebas iklan, tetapi satu opsi yang perlu dijelajahi adalah memasang peramban khusus yang memiliki pemblokir bawaan. Adblock Browser untuk Android, yang gratis dan dapat ditemukan di Google Play Store. Instal aplikasinya, navigasikan jalan Anda ke YouTube, dan harap teruskan jari Anda.(yaya)