4 Cara Cek iPhone Asli atau Palsu Lewat Nomor Imei

fokusmedan : Untuk Anda yang telah memiliki perangkat iPhone atau berkesempatan untuk membeli versi bekas dari perangkat Apple ini, berikut ada cara untuk mencari tahu bahwa gadget tersebut ori atau tidak.

Smartphone berlogo buah Apel ini memang begitu diminati oleh banyak orang. Sayangnya dengan tingginya antusias orang-orang untuk memiliki iPhone membuat banyak orang membuat replika iPhone yang dibuat mirip semirip mungkin dengan aslinya.

Sekilas tampilan iPhone replika hampir sama dengan yang aslinya. Namun, Anda tetap bisa membedakan keduanya melalui berbagai macam cara. Salah satu cara membedakannya tersebut adalah dengan mengecek nomor imei iPhone Anda.

Imei adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Dengan kata lain, imei adalah kode produksi yang membedakan satu perangkat dengan perangkat yang lainnya sehingga tidak ada satupun perangkat yang memiliki imei yang sama.

Nah, saat Anda hendak membeli iPhone, sebaiknya hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu adalah apakah imei pada body handphone yang Anda inginkan itu tertera sama dengan yang di kotaknya. Penjual juga kerap kali mencatat imei untuk keperluan garansi iPhone atau semua merk smartphone lainnya.

Untuk mengetahui keaslian perangkan iPhone, berikut cara cek imei seperti yang dikutip dari Liputan6.com.

1 dari 5 halaman

1. Melalui Sistem iPhone

Cara paling mudah mengecek imei adalah melalui pengaturan sistem iPhone. Caranya, Masuk ke ‘Settings’, lalu buka ‘General’, dan lanjutkan ke ‘About’. Pada menu ‘About’ carilah imei dari iPhone Anda tersebut. Selain imei, Anda juga bisa mengecek ICCID melalui cara ini.

2 dari 5 halaman

2. Melalui Fisik iPhone

Imei juga tertera pada bagian fisik iPhone. Untuk melihat imei di fisik iPhone, Anda harus membuka casing bagian belakang dan tanggalkan baterai yang terpasang disana. Pada umumnya, nomor imei Anda akan tertera di dekat slot SIM card.

3 dari 5 halaman

3. Melalui Kode Khusus

Cara ini sangat efektif untuk mengecek imei di semua jenis ponsel, termasuk iPhone. Caranya buka menu calls seperti ketika Anda ingin melakukan panggilan telepon, lalu ketik kode *#06#, maka layar akan menampilkan nomor imei dari smartphone Anda.

4 dari 5 halaman

4. Melalui iTunes

iTunes tidak hanya berfungsi untuk mengisi musik ke iPhone Anda. Software resmi dari Apple ini juga dapat mengecek imei di iPhone. Caranya pun cukup mudah, sambungkan saja iPhone ke komputer yang sudah diinstal iTunes.

Selanjutnya, jika berhasil terkoneksi, klik ‘Library’ pada iTunes, maka secara otomatis data dari iPhone akan ditampilkan di layar, termasuk nomor imei iPhone tersebut. Jika Anda sudah mengetahui nomor imei dari iPhone tersebut, maka Anda bisa segera mencocokkannya dengan dusbook dari iPhone itu. iPhone yang asli akan memiliki nomor imei yang sama di bagian fisik, dusbook, dan sistem.

5 dari 5 halaman

Fungsi Imei

Imei merupakan bagian penting di setiap smartphone atau ponsel. Namun, tidak banyak orang menyadari betapa pentingnya keberadaan imei ini. Orang-orang seringkali tidak melakukan pengecekan terlebih dahulu ketika membeli iPhone atau gadget lainnya. Padahal, toko penjual gadget Apple yang resmi pun tidak dapat menjamin bahwa iPhone Anda 100 persen asli.

Selain digunakan untuk membedakan iPhone asli atau palsu, imei juga bermanfaat untuk mengatasi pencuri yang mengambil iPhone Anda.

Caranya ketika mengetahui iPhone Anda dicuri, maka segera laporkan permasalahan ini ke provider operator seluler yang Anda gunakan. Tak butuh waktu lama, pihak provider Anda akan melacak keberadaan iPhone yang dicuri tadi.

Di samping itu, pihak provider juga dapat membantu pemblokiran sementara pada iPhone yang dicuri. Pencuri tidak dapat menggunakan iPhone tersebut dalam jangka waktu panjang.

Lokasi atau keberadaan dari pencuri tersebut bisa dilacak melalui kantor provider yang Anda gunakan. Pengecekan imei ini sangat penting dilakukan ketika Anda hendak membeli iPhone atau smartphone lainnya. Oleh karena itu, Anda harus melakukan pembelian gadget secara offline agar mampu membedakan iPhone yang asli atau yang palsu.

Ada beberapa situs belanja online yang menawarkan potongan harga iPhone yang cukup miring. Namun, Anda tak perlu terburu-buru untuk membeli iPhone tersebut. Anda harus mengecek terlebih dahulu keasliannya. Hal ini tentu saja tidak bisa Anda lakukan jika Anda membeli iPhone secara online.

Imei pada ponsel ini juga digunakan untuk mengungkap kasus kejahatan oleh polisi. Salah satunya untuk mendeteksi keberadaan dari pencuri ponsel untuk melacak lokasi.(yaya)