Resmi Ditutup, Total Pendaftar Kartu Prakerja Gelombang 5 Tembus 1,7 Juta Orang

fokusmedan : Pendaftaran gelombang 5 Kartu Prakerja resmi ditutup, siang ini pukul 12.00 WIB. Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, total pendaftar Kartu Prakerja Gelombang 5 hingga ditutup siang ini berjumlah 1,7 juta orang.

“Pendaftaran gelombang 5 sudah kami tutup tadi pukul 12.00 WIB dengan total pendaftar lebih dari 1,7 juta orang. Kuota untuk gelombang 5 ini tetap 800 ribu orang,” ujar Louisa saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (23/8).

Dia melanjutkan, saat ini pihaknya masih dalam tahap seleksi dan akan segera diumumkan langsung melalui SMS kepada mereka yang lolos seleksi. Adapun untuk pembukaan gelombang 6 sendiri, pihaknya akan segera mengumumkannya.

“Akan segera kami umumkan. Yang jelas, untuk mereka yang nantinya belum lolos seleksi gelombang 5 bisa langsung ikut mendaftar di gelombang 6 tanpa harus mengulangi proses pengisian data dari awal,” jelasnya.

Seperti diketahui, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 5 diperpanjang hingga Minggu (23/8) pukul 12.00 WIB. Perpanjangan pendaftaran tersebut dilakukan agar lebih banyak lagi pekerja yang dirumahkan atau pelaku usaha mikro dan kecil bergabung terutama dari Indonesia Timur.

Untuk selanjutnya, pembukaan gelombang 6 akan dikomunikasikan kemudian hari. Adapun dari tracking survei kepada 240.000 penerima Kartu Prakerja, ada banyak penerima Kartu Prakerja yang telah memulai usaha sendiri, berwirausaha, dengan memanfaatkan pelatihan yang mereka ambil lewat Kartu Prakerja

Ada yang memulai usaha warung kopi, pembuatan kue, maupun desain grafis. Hal ini sejalan dengan tingginya minat penerima Kartu Prakerja terhadap pelatihan kategori penjualan dan pemasaran, F&B, dan lifestyle.

“Kartu Prakerja ikut mendukung pemulihan ekonomi nasional sekaligus pencapaian target pemerintah 4 persen penduduk Indonesia berwirausaha pada tahun 2030,” tandas dia.(yaya)