RS dr.Pirngadi Medan kini laksanakan pemeriksaan swab PCR mandiri

fokusmedan : Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan kini melakukan pemeriksaan mandiri terhadap sampel swab Polymerase Chain Reaction (PCR) dari pasien Covid-19.

Direktur RSUD dr Pirngadi Medan dr Suryadi Panjaitan menyampaikan, hal itu dilaksanakan sejak, Selasa (18/8), khususnya terhadap sampel swab pasien Covid-19 yang mereka rawat.

“Kita telah melaksanakan swab PCR dengan teknologi modern full automatic di RS Pirngadi,” sebutnya kepada wartawan, Rabu (19/8).

Ia menjelaskan, langkah ini adalah program dari Pemerintahan Kota Medan yang pelaksanaannya dipercayakan kepada RSUD dr Pirngadi.

Terlebih diketahui Kota Medan merupakan zona merah di Sumut sehingga butuh peran serta semua pihak dalam menanggulanginya.

“Jadi salah satunya adalah dengan pelayan PCR,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Instalasi Patologi Klinik RSUD dr Pirngadi Medan dr Renatha Nita Hadameon N SpPK menambahkan, saat ini sudah ada 28 sampel swab yang mereka periksa, terdiri dari 11 sampel pada Selasa (18/8/2020) dan 17 sampel pada hari ini.

“Ini murni pasien kita sendiri. Dalam prosesnya, deteksi yang dilakukan dalam sekali jalan, bisa memeriksa hingga 90 sampel dan sehari bisa 150 sampel. Dari situ kita memang bisa langsung tahu hasilnya, tapi harus divalidasi lagi, sehingga butuh waktu 24 jam sebelum hasilnya disampaikan kepada keluarga,” tandasnya. (riz)