20/04/2024 9:37
NASIONAL

Ketua KPU RI Sebut Henry Jovinski Sebagai Pahlawan Demokrasi

fokusmedan : Ketua KPU RI, Arief Budiman menghadiri prosesi pemakaman staf KPU Papua, Henry Jovinski di Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Kamis (13/8). Henry meninggal dunia usai diserang oleh orang tak dikenal di Yahukimo, Papua.

Arief menyampaikan duka mendalam yang dirasakan oleh keluarga besar KPU RI atas berpulangnya Henry. Dia menilai, Henry merupakan pahlawan demokrasi karena meninggal dunia ketika sedang menjalankan tugasnya.

“Keluarga besar KPU RI menyebutnya sebagai pahlawan demokrasi. Dia (Henry Jovinski) meninggal saat menjalankan tugas untuk kepentingan demokrasi,” katanya di rumah duka.

Dia mengungkapkan, banyak cita-cita dari Henry terkait demokrasi yang belum terwujud. Arief berpesan agar cita-cita Henry ini bisa diwujudkan oleh keluarga besar KPU RI.

“Dia ingin pemilu menjadi baik. Seperti yang banyak dia lihat di negara yang demokrasinya maju. Dia ingin bersama masyarakat Papua membuat demokrasi menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Arief menambahkan cita-cita inilah yang kemudian membuat Henry mau ditempatkan di Papua. Padahal Henry semasa hidupnya lebih banyak menghabiskan waktu di daerah Purwokerto, Jawa Tengah.

“Itulah kenapa dia bersedia tugas jauh. Jadi cita-cita besar almarhum harus kita wujudkan bersama,” tutup Arief.(yaya)