Habitat Komodo dan Satwa di Labuan Bajo Terbakar

fokusmedan : Kawasan cagar alam Wae Wuul di Desa Macang Tanggar, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, hangus terbakar, Kamis (13/8), sekitar pukul 19.00 Wita.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Nusa Tenggara Timbul Batubara membenarkan kejadian itu, namun belum memastikan kebakaran tersebut terjadi dalam cagar alam.

“Belum cek lokasi pastinya, karena di hotspot monitor dari satelit belum kelihatan,” ujarnya.

Menurut Timbul Batubara, saat ini petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam dan unit pemadam kebakaran sedang berada di lokasi, untuk berupaya memadamkan api.

Menurut informasi, cagar alam Wae Wuul nantinya akan menjadi kawasan ekonomi khusus KTT G-20. Luas kawasan ini adalah 1.484,84 hektar yang merupakan habitat komodo, rusa, babi dan kuda liar.

12 Peserta Kemah Butuh Bantuan

Kebakaran melanda kawasan hutan di lokasi perkemahan Kabupaten Manggarai Barat, Labuan Bajo. Tepatnya di Cndive resort, Wingkol. Menurut Condo, Penanggungjawab area perkemahan, mengatakan api mulai terlihat sejak pukul 16.00 waktu setempat.

“Api cepat sekali membesar karena angin laut kencang,” ujar Condo saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (13/9).

Menurut Condo, situasi terkini sudah mulai terkendal. Namun api masih terlihat berkobar di sisi timur.

“Situasi api di areal camp sudah terkendali, mengecil dan padam. Hanya di Timur masih terihat membesar,” kata Condo saat dihubungi pukul 20.45 WIB.

Condo menambahkan, 12 orang yang ada di areal camp tersebut bisa dipastikan aman. Dia juga telah menghubungi otoritas setempat, yakni polisi dan BPBD agar segera datang untuk memberikan bantuan.

“Sudah kita kordinasi hanya belum datang ini dari tadi,” tandas Condo.(yaya)