Gunung Sinabung kembali erupsi, kolon abu sejauh 5 Km

fokusmedan : Gunung Sinabung kembali erupsi dan mengeluarkan abu kolon sejauh 5000 meter atau 7460 meter di atas permukaan laut pada pukul 10.16 WIB, Senin (10/8).

Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung Armen menyampaikan, kolon abu Gunung Sinabung teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan condong ke arah timur dan tenggara.

“Untuk itu, kita mengimbau agar masyarakat dan pengunjung/wisatawan supaya tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara,” sebutnya kepada wartawan.

Masyarakat juga, lanjutnya, diminta untuk  memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.

“Kemudian memgamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,”  ujarnya.

Saat ini Gunung Sinabung masih berstatus level III atau Siaga sejak 20 Mei 2019 dan terakhir kali erupsi pada Juni 2019. (riz)