Pekan depan Plt Walikota Medan di swab ulang

fokusmedan :  Setelah menjalani perawatan di RS Royal Prima beberapa waktu usai dinyatakan psotif Covid-19, kini kesehatan Plt Walikota Medan Akhyar Nasution semakin membaik.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr Edwin Effendi menyampaikan, kondisi kesehatan Akhyar semakin baik, stabil dan terkontrol.

“Rencananya Pak Akhyar akan di swab ulang untuk memastikan sembuh dari Covid-19,” sebutnya kepada wartawan, Jumat (7/8).

Ia menjelaskan, pihaknya juga telah menelusuri sejumlah kontak erat dengan Akhyar, namun masih belum menerima hasil tracing yang dilakukan.

“Kita masih menunggu hasil tracing tersebut,” jelasnya.

Terpisah, Plt Walikota Medan Akhyar Nasution dalam videonya menyampaikan, bahwasanya hari ini, Jumat (7/8) adalah hari ke-14 nya terpapar virus Covid-19.

“Syukur alhamdulillah kondisi saat ini semakin membaik, rasa demam batuknya sudah mulai menghilang. Hanya mengembalikan fungsi paru-paru agar oksigen saturation tetap berada diatas 95%,” ujarnya.

Ia menceritakan, sebelum diketahui terpapar, yaitu setelah dua kali dilakukan swab dan dinyatakan negatif Akhyar kemudian pulang ke rumah.

Namun saat itu, sebutnya dia mengalami badai sitokin, yang merupakan terjadinya partikel koordinasi antibodi yang melakukan lompatan dari bagian bawah paru-paru ke bagian tengah dan bagian atas sebagian dari pada paru-paru.

“Ini lah yang menyebabkan saya positif,” ungkapnya.

Kendati begitu, Akhyar yakin kondisinya akan semakin membaik. Untuk itu pada tanggal 13 dan 14 mendatang, dirinya pun akan kembali melakukan swab ulang untuk mengetahui perkembangan kondisi kesehatannya.

“Insya Allah keadaan semakin membaik. Mohon doa dan dukungan dari seluruh kawan serta sahabat-sahabat. Insya Allah saya dapat pulih kembali,” pungkasnya.(riz)