20/04/2024 0:23
NASIONAL

BMKG: Terdapat 41 titik panas di Sumut

fokusmedan : Berdasarkan pantauan Sensor Modis (Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20) terdapat 41 titik panas dalam kategori sedang yang tersebar di sejumlah kawasan di Sumut, Junat (7/8).

Kepala Balai Besar Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan menyampaikan, titik panas tersebut terdapat di sembilan kabupaten.

“Jumlah terbanyak di Kabupaten Tapanuli Utara sebanyak 18 titik, masing-masing di Kecamatan Garoga (6), Pahajae (3), Pangribuan (2), Siborongborong (3), Sihaputar (3), dan Sipoholon,” sebutnya kepada wartawan.

Selanjutnya sebanyak 12 titik panas lainnya di Kabupaten Padang Lawas Utara, yakni Di Kecamatan Dolok (4), Dolok Sigompon (1), Padang Bolak (5), dan Padang Bolak Julu (2).

“Kemudian  4 titik panas di Kabupaten Tapanuli Selatan, yakni di Kecamatan Saipar Dolok Hole. Lalu sebanyak 2 titik panas di Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan,” ujarnya.

Berikutnya, masing-masing 1 titik panas di Kecamatan Aeknatas Kabupaten Labuhan Batu Utara, 1 titik panas di Kecamatan Pergetteng Getteng Sengkut Kabupaten Pakpak Bharat.

Lalu 1 titik panas juga di Kecamatan Siantar Kabupaten Serdang Bedagai, 1 titik panas di Kecamatan Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah, dan 1 titik panas juga di Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir. (riz)