Harga Tembus Rp 1 Juta, Nasabah Pegadaian Ramai-Ramai Jual Emas

fokusmedan : Harga emas Antam tembus rekor baru di atas Rp 1 juta. Harga pecahan 1 gram emas Antam mencapai Rp 1.022.000 pada Selasa (28/7/2020), dan turun Rp 1.013.000 pada Rabu (29/7/2020) hari ini.

Kenaikan tersebut mendorong masyarakat mencairkan tabungan emasnya di Pegadaian. Menurut laporan PT Pegadaian (Persero), tingkat penjualan emas oleh nasabahnya naik 1 persen dalam sebulan terakhir.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian, Harianto Widodo, mengatakan fenomena kenaikan harga seperti ini memang kerap dimanfaatkan oleh nasabahnya untuk mencairkan tabungan emasnya.

“Sebenarnya harga emas di market akan berpengaruh terhadap takdiran harga emas yang akan digadaikan,” kata Harianto dalam sesi teleconference, Rabu (29/7).

Bahkan, Harianto menyoroti, tren kenaikan pencairan tabungan emas di Pegadaian memang telah ramai dilakukan nasabahnya pasca Lebaran Idul Fitri 2020 kemarin.

Nasabah Tabungan Emas Naik

Di sisi lain, dia menambahkan, masih lebih banyak nasabah yang rutin menabung emas di tempatnya. Adapun jumlah nasabah Pegadaian untuk produk tabungan emas tercatat naik hingga 15 persen dari beberapa bulan terakhir.

“Kenaikan pertumbuhan nasabah sebulan terakhir itu 1 persen. Tapi nominal oustanding-nya sampai 3 persen. Artinya ini didorong gadai sekaligus didorong oleh kenaikan emas,” ujar dia.

“Rekening naik 1 persen tapi outansding-nya naik 3 persen. Artinya kenaikan outanding ini merupakan jumlah orang yang menggadai bertambah dan yang jual juga naik,” jelasnya.(yaya)