Diskusi Keamanan Siber Perludem Diserang Hacker dengan Zoombombing

fokusmedan : Diskusi virtual Keamanan Siber Teknologi Pilkada 2020 yang digelar Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menggunakan aplikasi Zoom diserang hacker. Kejadian ini terjadi saat anggota Bawaslu M Affifudin sedang memaparkan presentasinya lewat slide.

Sebelumnya, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Azis tidak ada gangguan ketika memaparkan presentasinya.

Pada durasi 1 jam 41 menit, terlihat slide yang dipaparkan Affifudin timbul coret coretan berwarna biru seperti gambar kelamin pria. Kemudian timbul lagi coretan lainnya berwarna merah dan kuning.

“Nah ini saya enggak tahu coretan-coretan bagaimana caranya kok bisa banyak gini ya,” kata Affifudin, Minggu (19/7).

Setelah itu, layar diskusi berubah menjadi merah total. Lalu muncul lagi coretan warna putih dan warna kuning yang menyerupai alat kelamin laki-laki. “Luar biasa diskusi ini kita bahas Siber langsung diserang enggak bisa saya operasikan ini,” kata Affifudin.

Kemudian, setelah itu sempat terdengar jelas suara wanita mendesah sekitar empat detik. “Ada Zoombombing kita nih. Ayo tolong di-remove teman-teman,” timpal Direktur Perludem, Titi Anggraini.

Karena hal itu, moderator diskusi, Heroik Pratama menyarankan Affifudin tidak menampilkan slide-nya terlebih dahulu. Peretasan itu pun berhenti sesaat. Selang beberapa saat kemudian, Affifudin dipersilakan kembali menampilkan slide-nya. Tetapi, coretan peretasan tersebut muncul lagi.

“Saya jadi grogi sendiri ngomong siber ini, saya jadi berkeringat,” tukas Afifudin.

Istilah Zoombombing adalah serangan yang dilancarkan hacker berupa gangguan dari luar yang membajak konferensi video dengan mengirim gambar-gambar tidak senonoh atau ujaran kebencian disertai ancaman.(yaya)