Patung Melania Trump di Slovenia Dibakar Saat Hari Kemerdekaan AS

fokusmedan : Sebuah patung kayu ibu negara Amerika Serikat (AS), Melania Trump dibakar. Patung ini terpasang di dekat kota kelahirannya di Slovenia.

Dilansir BBC, Kamis (9/7), Brad Downey, seniman Amerika yang membuat patung itu, mengatakan aksi pembakaran dilakukan pada 4 Juli, bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan AS.

Seniman yang berbasis di Berlin ini ingin agar patung yang hangus terbakar itu dipindah pada hari berikutnya.

Polisi mengatakan kepada Reuters telah membuka penyelidikan atas insiden itu. Gedung Putih belum menanggapi pembakaran ini.

Patung Melania Trump dipahat dari batang pohon di pinggiran Sevnica, kota kelahirannya di Slovenia tengah.

Patung itu memakai mantel biru yang mirip dengan yang dia kenakan saat pelantikan suaminya dan dengan tangan melambai ke udara. Patung itu mendapat ulasan beragam saat didirikan pada Juli 2019.

Beberapa warga mencap patung itu “memalukan”, mengeluhkan patung itu lebih mirip dengan karakter di film kartun Smurf, Smurfette, daripada seorang ibu negara.

Downey mengatakan ingin tahu siapa yang membakar patung itu dan alasannya.

Dia berharap patung itu akan membuka dialog tentang situasi politik di AS, termasuk perdebatan sengit tentang imigrasi.

Melania Trump, seorang model yang besar di Slovenia yang ketika itu adalah bagian dari Yugoslavia, datang ke AS sebagai seorang imigran pada 1990-an.

Patung di Slovenia itu menjadi sasaran pada saat patung monumen para pemimpin AS yang memiliki hubungan dengan perbudakan sedang dievaluasi kembali sebagai hasil dari refleksi nasional yang dipicu unjuk rasa anti-rasisme.

Dalam pidato baru-baru ini, termasuk pidato Hari Kemerdekaannya, Presiden AS Donald Trump mengecam keras mereka yang merusak atau merobohkan patung-patung.

Sejak Trump terpilih sebagai presiden AS pada 2016, Sevnica telah menjadi magnet turis, di mana banyak pengunjung mencari tentang masa kecil Melania Trump.

Penduduk membuat berbagai barang dagangan bermerek Melania, termasuk sandal, kue, dan burger seperti Trump dengan “rambut” keju yang melayang.

Pada Agustus tahun lalu, patung kayu Presiden Trump dibangun di Slovenia, sebelah timur ibu kota Ljubljana. Berdiri setinggi hampir 8 meter, patung itu dibakar oleh pelaku pembakaran yang tidak diketahui pada Januari tahun ini.(yaya)