Kementan Tegaskan Kalung Aksesori Kesehatan Ampuh Bunuh Virus Corona

fokusmedan : Kepala Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian, Fadjry Djufry menegaskan bahwa kalung antivirus corona ampuh sebagai aksesoris kesehatan. Sebab, kalung berbasis eucalyptus ini diyakini mampu membunuh virus corona.

“Kalung ini kan aksesoris kesehatan. Di mana kita bisa hirup, dan secara laboratorium bisa membunuh virus corona,” ujarnya dalam video conference via YouTube, Senin (6/7).

Fadjry mengatakan, kalung tersebut mempunyai kandungan yang serupa dengan produk roll on eucalyptus. Sehingga bisa di hirup dan secara pengujian laboratorium bisa membunuh virus corona di sekitar pengguna.

Dia membantah jika temuannya dikatakan sebagai klaim. Kendati Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tidak menyebut temuannya sebagai produk antivirus.

Menurutnya diperlukan waktu dan tahapan yang cukup lama untuk melakukan uji klinis kalung antivirus corona. Maka, pihaknya meyakini jika kalung tersebut mampu membunuh virus corona.

“Klaim produk kita ini (kalung eucalyptus) memang sebatas apa yang menjadi izin dari BPOM. Tetapi secara laboratorium ini berpotensi untuk membunuh virus corona,” ujarnya.

Hentikan Perdebatan

Untuk itu, dia mendorong seluruh pihak untuk menghentikan perdebatan terkait polemik kalung antivirus corona. Dengan demikian, pihaknya dapat berfokus dalam mencari obat penawar Covid-19 bagi masyarakat luas.

“Saya menyampaikan terima kasih, yang salah kita luruskan bersama. Saya menerima kritik dan saran apa yang harus kita perbaiki ke depannya,” tegasnya.(yaya)