Kapolda Sumut Berharap Anak Buah Lebih Humanis Layani Masyarakat

fokusmedan : Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Martuani Sormin menyampaikan harapannya di hari ulang tahun ke-74 Bhayangkara, Rabu (1/7). Dia berharap jajarannya di masa depan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan bertindak lebih humanis.

“Kami akan berusaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pelayanan secara humanis. Ini yang kadang-kadang, mungkin karena kultur masyarakat kita agak keras jadi polisinya¬†juga agak keras. Nah ini yang akan kita usahakan, bagaimana pelayanan kepolisian di seluruh jajaran Sumatera Utara untuk semakin humanis,” kata Martuani usai mengikuti upacara peringatan HUT ke-74 Bhayangkara secara virtual di Mapolda Sumut, Rabu (1/7).

Pelayanan yang humanis telah diajarkan di lembaga-lembaga pendidikan kepolisian, mulai Sekolah Polisi Negara hingga Akademi Kepolisian. Kata Martuani, mereka diingatkan untuk senantiasa memberikan pelayanan yang humanis dan menghormati Hak Asasi Manusia.

Mantan Kapolda Papua ini juga mengatakan pihaknya sangat membutuhkan kritik dari elemen masyarakat. “Kami bisa tahu apa yang masih kurang yang dilakukan oleh anggota kami,” ucapnya.

Personel yang melakukan pelanggaran sekecil apa pun, lanjut Martuani, pasti mendapatkan hukuman. Sanksinya berjenjang, mulai teguran hingga proses pidana. “Rekan-rekan bisa melihat bahwa disiplin yang saya bawa di sini adalah membuat rasa malu. Bagaimana membuat anggota itu menjadi malu untuk melanggar, kira-kira itu,” tegasnya.

Dia berharap, pelayanan Polda Sumut terus ditingkatkan. “Harapan saya untuk tahun depan dan tahun-tahun yang akan datang bahwa pelayanan Polda Sumut di seluruh jajaran akan lebih humanis dan lebih mendekatkan polisi dengan masyarakat,” harapnya.(yaya)