Hari Bhayangkara, Komisi III DPR Harap Polri Perkuat Pengusutan Kejahatan Siber

fokusmedan : Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-74 jatuh hari ini, Rabu (1/7). Perayaan yang biasa digelar terbuka kini dilakukan via virtual imbas pandemi virus Corona atau Covid-19.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem Ahmad Sahroni menilai HUT Polri ini menjadi momentum untuk lebih serius menangani kasus siber.

Menurut dia, saat ini segala bentuk kejahatan mulai dari pencurian uang, pembobolan data, kejahatan seksual hingga hoaks banyak yang bermula dari dunia siber.

“Terkait kejahatan siber ini kita harus makin hati-hati, karena makin banyak jenisnya. Karenanya saya juga mengapresiasi terbentuknya unit penanganan tindak pidana siber Mabes Polri yang serius dan canggih untuk menjawab tantangan-tantangan tadi. Mudah-mudahan unit ini dapat bermanfaat secara optimal dalam menangani kejahatan di dunia siber,” kata Sahroni, Rabu (1/6).

Dia melihat Polri telah menunjukkan kinerja baik di berbagai bidang. Salah satunya terkait pemberantasan narkoba. Hal tersebut dibuktikan dari kinerja Polri mengungkap jaringan narkoba internasional dengan barang bukti hampir 1 ton.

“Banyak kinerja Kepolisian yang patut diapresiasi, misalnya dalam hal pemberantasan narkoba, baru-baru ini polisi berhasil mengungkap jaringan narkoba internasional dengan barang bukti narkoba hampir satu ton. Bayangkan akan seperti apa masyarakat kita kalau sabu sebanyak itu sampai nyampe ke masyarakat,” ungkap Sahroni.

Sahroni berharap Polri terus bisa menjalankan tugas dengan penuh amanah dan selalu terdepan. Apalagi, pandemi Covid-19 masih belum usai.

“Tentunya tantangan juga akan selalu bermunculan, khususnya dalam kondisi Covid-19 seperti sekarang ini. Namun saya yakin, kepolisian RI akan mampu menghadapi segala tantangan, dan kami juga di Komisi III berkomitmen untuk terus mendukung Kepolisian dalam menjalankan tugasnya,” ujar Sahroni.

“Selamat hari jadi Bhayangkara untuk Kepolisian Indonesia. Semoga selalu menjadi yang terdepan dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat,” sambung dia.(yaya)