BMKG: Terpantau 33 titik panas di Sumut

fokusmedan : Berdasarkan pantauan Sensor MODIS (Satelit Terra, Aqua, SNPP dan NOAA20) milik Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG),  tercatat jumlah hotspot (titik panas) di Sunut meningkat menjadi 33 titik, Senin (29/6).

Kepala Balai Besar Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan melalui prakirawannya menyebutkan, ke 33 titik panas tersebut tersebar di 5 Kabupaten dan 12 Kecamatan.

“Sebelumnya jumlah titik panas di Sumut berjumlah 20 dan sekarang meningkat menjadi 33,” ujarnya kepada wartawan.

Ia menjelaskan, kabupaten dengan jumlah titik panas terbanyak berada di Kabupaten Humbang Hasundutan sebanyak 18 hotspot. Titik panas ini tersebar sebanyak 3 titik di Kecamatan Pakkat dan 15 titik di Kecamatan Tarabintang.

Selanjutnya 5 hotspot di Kabupaten Tapanuli Utara, masing-masing 1 titik di Kecamatan Garoga, Parmonangan, dan Siborong-borong serta 2 titik di Kecamatan Tarutung.

Kemudian 5 hotspot juga terpantau di Kabupaten Tapanuli Tengah, masing-masing 1 titik di Kecamatan Barus, dan 2 titik di Kecamatan Kolang dan Sorkam.

Berikutnya, sebanyak 3 hotspot juga terpantau di Kabupaten Tapanuli Selatan. Masing-masing 2 titik di Kecamatan Batang Angkola dan 1 titik di Kecamatan Batang Toru.

“Terakhir 2 hotspot ada di Kabupaten Padan Lawas Utara, dimana keduanya berada di Kecamatan Batang Onan,” tandasnya.(riz)