Data Kadin: 6,4 Juta Orang Dirumahkan Akibat Covid-19

fokusmedan : Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mencatat jumlah tenaga kerja yang di rumahkan akibat pandemi Covid-19 sudah mencapai 6,4 juta orang. Angka tersebut didapat berdasarkan laporan berkala dari seluruh asosiasi tergabung di dalam Kadin.

“Angka kami yang di rumah kan itu sudah mencapai 6,4 juta orang mungkin angka dari Kementerian Ketenagakerjaan masih di level 2 juta orang,” kata Ketua Umum Kadin, Rosan P Roeslani di DPR RI, Jakarta, Selasa (9/6).

Rosan mengaku telah mendapatkan laporan secara menerus dari beberapa asosiasi. Misalnya saja, di sektor perhotelan, berdasarkan laporan yang diterima sudah lebih dari 2.000 yang terpaksa tutup dan itu mayoritas berada di Jawa Barat. “Itu kurang lebih 430.000 orang (di rumahkan),” kata dia.

Data Organda

Tak hanya itu, berdasarkan data dari pihak Organda sebanyak 1,4 juta orang dirumahkan bahkan sebagiannya sudah ada yang terpaksa kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

“Jadi kalau yang di rumah kan itu kurang lebih 90 persen yang di PHK ini 10 persen secara empiris karena kamu yang dirumahkan ini kalau diperhatikan ada konsekuensi bayar pesangon mereka tidak dalam posisi untuk mampu bayar pesangon,” jelas dia.

Dengan berbagai kondisi tersebut, Kadin melihat dalam jangka pendek ini bisa menjadi skenario paling berat. Pertumbuhan ekonomi pun diprediksi bakal berada di titik terberat yakni bisa menyentuh minus 0 persen.(yaya)