RS USU gelar rapid test massal khusus warga Kota Medan

fokusmedan : Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS USU) menggelar rapid test massal Covid-19. Pemeriksaan tes cepat ini, rencananya akan berlangsung selama 5 hari sejak Senin (8/6) hingga Jumat (12/6) mendatang.

Humas RS USU M Zeinizen mengatakan, tujuan dibukanya rapid test massal ini ialah untuk menekan laju angka penyebaran Covid-19 mengingat kasus positif di Kota Medan paling tinggi.

“Rapid test massal ini tidak dipungut biaya alias gratis,” sebutnya kepada wartawan.

Ia menjelaskan, rapid test Covid-19 ini mulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB.  Hal ini mengingat kesibukan tenaga medis yang dilibatkan dan hari ini hanya uji coba.

Sedangkan untuk mengikuti rapid test, cukup dengan membawa KTP berdomisili di Medan dan bukan fotocopy.

“Dalam pelaksanaannya, ada dua sistem yang diterapkan yaitu drive thru (menggunakan mobil) dan secara mandiri. Kedua sistem ini tetap memperhatikan protokol kesehatan dan diwajibkan pakai masker serta menjaga jarak yang telah diatur,” ujarnya.

Selanjutnya mencuci tangan terlebih dahulu pada tempat yang telah disediakan atau menggunakan hand sanitizer.

Untuk yang yang datang menggunakan mobil, lanjutnya, hanya diperbolehkan maksimal tiga orang tidak bisa lebih. Sedangkan secara mandiri, datang ke tenda yang sudah disediakan dekat pintu keluar RS USU.

“Adapun rapid test ini jangan disalahartikan terkait dengan surat keterangan bebas Covid-19. karena langkah ini murni untuk memutus mata rantai penularan Covid-19,” pungkasnya.(riz)