Google Beri Dana Darurat ke Media-Media yang Terdampak Covid-19

fokusmedan : Media adalah salah satu industri yang juga terhantam pandemi Covid-19. Dengan ini, Google ingin membantu industri tersebut.

Melalui Google News Initiative, Google menyalurkan dana darurat ke 5.300 media skala kecil dan menengah di seluruh dunia lewat program bertajuk “Journalism Emergency Relief Fund”.

Media terpilih berhak mendapatkan bantuan dana antara USD 5.000 hinggga 30.000. Untuk beberapa media di bawah naungan satu kelompok usaha, nilai dana darurat ini dibatasi USD 85.000.

“Hanya dalam dua pekan kami menerima lebih dari 12.000 lamaran yang memenuhi syarat dari 140 negara, dengan 90 persen lamaran dari ruang redaksi yang terdiri kurang dari 26 wartawan,” ujar Ludovic Blecher, Head of Google News Initiative Innovation dikutip dari keterangan tertulis perusahaan, yang dimuat tekno Liputan6.com.

Kriteria Pendanaan

Beberapa kriteria di program ini, kata Ludovic, sebagai berikut:

  • Media yang beroperasi secara lokal
  • Media yang melayani komunitas geografis tertentu
  • Media yang menggunakan uang untuk dapat melakukan kedua hal tersebut di atas.

Ludovid mengatakan, peninjauan lamaran yang masuk melibatkan lebih dari 300 karyawan Google. Selain itu, perusahaan juga menyediakan jam khusus dan webinar untuk untuk menjawab pertanyaan dan membimbing mereka yang tertarik terhadap program ini untuk menjalani proses pendaftaran.

Media Terpilih

Rohan Tiwary, Head of Media, News & Entertainment Partnerships, APAC, mengatakan kawasan Asia Pasifik telah bergelut dengan Covid-19 lebih lama daripada kawasan lain di mana pun.

“Jadi kami tahu, betapa mendesaknya dukungan ini diperlukan oleh media di kawasan ini,” ujar Rohan.

Dia juga mempertimbangkan keragaman Asia Pasifik yang sangat besar—tidak hanya lintas etnis, agama, dan bahasa, tetapi juga dalam hal lanskap berita, ketika mendapat lebih dari 2.000 aplikasi dari kawasan ini.

“Kami mendukung lebih dari 800 organisasi berita di 30 negara dan teritori di Asia Pasifik,” tutur Rohan

Di Indonesia, salah satu media lokal yang terpilih untuk mendapatkan dana darurat ini adalah Suara Surabaya. Dana darurat dari Google ini akan digunakan untuk menjembatani arus kas yang terdampak oleh Covid-19.(yaya)