Golkar Dukung Gibran Tanpa Syarat di Pilkada Solo

fokusmedan : Partai Golkar dipastikan akan mendukung Gibran Rakabuming Raka di Pilkada serentak, 9 Desember mendatang. Pernyataan tersebut dikemukakan Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Tengah, Juliyatmono kepada wartawan, Jumat (5/6). Partai yang berkuasa di era Orde Baru itu hanya fokus ke Gibran setelah bakal calon dari PDIP lainnya, Achmad Purnomo mundur.

“Partai Golkar sepenuhnya mendukung Gibran Rakabuming Raka tanpa syarat. Kita tidak akan meminta jatah kursi sebagai calon wakil wali kota. Kami sepenuhnya mendukung Gibran. Untuk Kota Solo hanya ada satu calon saja yakni dari PDIP,” ujar Bupati Karanganyar, Sabtu (6/6).

Juliyatmono menyampaikan, pihaknya tak akan meminta jatah kursi calon wakil wali kota pendamping Gibran, lantaran sudah tahu siapa yang akan mendampingi Gibran. Ia mengklaim orang tersebut hampir bisa diterima semua pihak.

Ketua DPD Partai Golkar Jateng, Panggah Susanto menambahkan, DPD Partai Golkar telah memberikan rekomendasi untuk 16 calon bupati dan calon wakil bupati yang akan bertarung pada Pilkada 2020. Dari jumlah itu, Golkar menargetkan kemenangan 60 persen.

”Kami menargetkan kemenangan di sejumlah daerah kantong Golkar yang selama ini menyumbangkan perolehan suara terbanyak pada pileg,” katanya.

Menurutnya, hingga saat ini, sudah ada surat penugasan dari DPP untuk cabup/cawabup pada 16 kabupaten/kota. Mereka yang sudah mendapat rekomendasi itu, diminta untuk bekerja keras dan selalu menjalin komunikasi dengan partai koalisi maupun parpol yang lain.

“Pertarungan dalam Pilkada ini menjadi ajang pemanasan, pileg dan Pilpres. Untuk memenangan pertarungan dalam Pilkada bukan pekerjaan mudah, butuh kerja keras semua kader Golkar. Jadi saya minta seluruh kader untuk mendukung calon yang sudah mendapat tugas dari DPP,” tandasnya.(yaya)