27/04/2024 8:29
NASIONAL

Kenakan Masker, Presiden Jokowi Salat Jumat di Masjid Baiturrahim Istana

fokusmedan : Penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta memasuki masa transisi. Sejumlah aktivitas dilonggarkan salah satunya rumah ibadah.

Presiden Joko Widodo melaksanakan Salat Jumat di Masjid Baiturrahim, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Pantauan di lokasi, tampak Presiden Jokowi mengenakan kemeja putih dipadu celana hitam dan berpeci tiba di area masjid pukul 11.47 Wib. Tampak masker warna gelap menutupi bagian hidung dan mulut Jokowi.

Sebelum masuk ke dalam masjid, kepada Jokowi dilakukan pengukuran suhu tubuh terlebih dahulu. Kemudian, Jokowi masuk ke dalam masjid dan melaksanakan salat sunat tahiyatul masjid.

Adapun yang bertindak sebagai imam dan khatib dalam salat Jumat kali ini yaitu Sudarjat dan bertindak sebagai muazin yaitu Apif Syarif Hidayat.

Dalam khutbahnya, khatib mengajak jemaah untuk terus meningkatkan iman dan takwa setelah beribadah puasa di bulan Ramadan. Khatib juga berharap agar pandemi Covid-19 bisa segera berakhir.

“Saat ini bangsa Indonesia dan seluruh bangsa-bangsa di dunia sedang menghadapi ujian yang sangat berat dari Allah SWT yaitu pandemi Covid-19. Semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama ini semua akan segera berakhir,” kata khatib.

Masjid Baiturrahim menerapkan dengan ketat protokol kesehatan dalam rangka mencegah Covid-19. Selain melakukan pengecekan suhu tubuh jemaah, juga diatur jarak antarjemaah.

Kapasitas masjid untuk sementara waktu dibatasi menjadi hanya 150 jemaah dari kapasitas sebelumnya sebanyak 750 jemaah. Di sejumlah titik di sekitar lokasi masjid turut disediakan sarana cuci tangan baik menggunakan sabun maupun hand sanitizer dan tisu antiseptik yang dapat digunakan para jemaah.

Jemaah juga tampak mematuhi atura dengan membawa perlengkapan salat masing-masing, telah berwudu sebelum ke masjid, serta mengenakan masker.(yaya)