Purnomo Mundur dari Pilkada Solo, Teguh Prakosa Tunggu Keputusan PDIP

fokusmedan : Bakal Calon Wali Kota Solo Achmad Purnomo memutuskan mengundurkan diri dari panggung Pilkada karena tidak setuju pelaksanaan Pemilu digelar tahun ini. Menyikapi hal ini, Teguh Prakosa sebagai Bakal Calon Wakil Wali Kota Solo belum berencana mengikuti jejak pasangannya tersebut. Mantan Ketua DPRD Solo ini memilih menunggu keputusan partai.

“Saya memilih menunggu keputusan DPC PDIP¬†Solo saja,” ujar Teguh, Jumat (29/5).

Teguh mengaku, dalam beberapa hari terakhir, belum berkomunikasi dengan Purnomo terkait pengajuan surat pengunduran diri. Namun dia mengaku siap jika memang diminta mundur oleh DPC. Sebagai kader partai, dia tidak bisa semuanya sendiri.

“Saya ini kan kader, orang partai. Jadi tidak bisa seenaknya sendiri,” tandasnya.

Jika diminta untuk menemani Purnomo mengundurkan diri, ia mengaku siap melakukannya. Sehingga keputusan mundur tersebut, bukanlah keinginannya sendiri.

“Kalau partai menarik, saya ikut, tidak perlu surat,” tandasnya.

Sekretaris DPC PDIP Solo itu menambahkan, pengunduran diri Purnomo akan dibahas terlebih dahulu di internal DPC PDIP Solo. Dia juga turut membahas hal tersebut bersama struktur partai lainnya. Ia memperkirakan pembahasan akan dilakukan setelah berakhirnya kejadian luar biasa (KLB) Corona pada 7 Juni.

“Mungkin setelah KLB, kalau agak longgar kita baru bicara,” terangnya.

Menurut Teguh, dalam rapat nanti akan dibahas apakah DPC menyetujui surat pengunduran diri Purnomo. Termasuk pula apakah DPC bakal menarik dirinya atau justru mempertahankannya dalam pencalonan. “Jadi keputusan nanti ada dalam forum resmi partai di tingkat DPC,” tandasnya.(yaya)