Kapolda Sumut: Tingkatkan patroli keamanan

fokusmedan : Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin memerintahkan anggota Polri dan jajaran untuk meningkatkan patroli jelang perayaan Idul Fitri.

Patroli itu juga dapat dilakukan bersama TNI, perangkat desa dan berbagai organisasi kemasyarakatan.

“Patroli yang dilaksanakan dapat mencegah orang yang ingin berbuat kriminal. Dengan begitu, akan membuat masyarakat nyaman,” sebutnya kepada wartawan, Rabu (20/5).

Ia juga mengimbau agar masyarakat untuk kembali mengaktifkan siskamling di setiap lingkungan. Namun, bila menemukan pelaku kejahatan jangan main hakim sendiri, tapi pelakunya diamankan dan dilaporkan pada aparat hukum.

“Marilah kita bijak, jangan main hakim sendiri. Kita punya hukum, biarkan petugas yang memprosesnya. Nanti pengadilan yang akan membuktikan seseorang bersalah atau tidak,” harapnya.

Selain itu, lanjutnya, masyarakat juga harus mematuhi aturan dan imbauan pemerintah yakni secara bersama memutus penyebaran Covid-19, dengan menjaga kebersihan dan selalu menerapkan social distancing.

“Kalau tidak penting jangan keluar. Apabila harus keluar selalu gunakan masker dan alat pelindung diri,” jelasnya.

Terlebih lagi, sambungnya, lebaran pada tahun ini berbeda dan untuk itu diharapkan masyarakat agar bijak dalam bertindak.(riz)