Jokowi Minta Peneliti Mampu Produksi Massal Vaksin hingga Mancanegara

fokusmedan : Presiden Joko Widodo atau Jokowi optimis Indonesia bisa membuat alat kesehatan sendiri untuk atasi pandemi Covid-19. Hal tersebut terlihat saat ini para peneliti bekerja sama dengan Universitas, serta pihak swasta di Indonesia.

Mulai dari PCR Test Kit (alat tes PCR untuk diagnosa Covid-19), Rapid Test Kit (alat tes cepat untuk deteksi awal Covid-19).

Kemudian Ventilator karya BPPT, ITB, UI, UGM, PT Dharma, dan PT Poly Jaya, Produk Imunomodulator, Plasma Convalesence, Mobile Lab BSL-2, Artificial Intelligence untuk Deteksi Covid-19, Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR), serta Purifying Respirator.

“Kita patut berbangga karena dari tangan-tangan anak bangsa, dari tangan-tangan kita sendiri, kita mampu menghasilkan karya-karya yang sangat dibutuhkan,” kata Jokowi dalam Peresmian Peluncuran Produk Riset,Teknologi dan Inovasi untuk Percepatan Penanganan Covid-19 melalui siaran telekoference di Istana Merdeka Jakarta Pusat,¬†Rabu (20/5).

Sebab itu, Jokowi minta bukan hanya membuat alkes saja, tetapi para peneliti juga tidak berhenti untuk mencari obat hingga vaksin. Tidak hanya itu, hal tersebut juga, kata dia, harus berkelanjutan yaitu dengan diproduksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan domestik hingga ekspor ke mancanegara.

“Harus bisa diproduksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan domestik kita dan juga bisa ekspor ke mancanegara,” jelas Jokowi.

Karena itu, Jokowi imbau agar kerja sama dan kolaborasi antar kekuatan anak bangsa harus diperkuat. Serta lembaga-lembaga perguruan tinggi hingga dunia industri harus bekerja sama.

“Sudah saatnya dunia industri harus berani berinvestasi. Sudah saatnya masyarakat harus juga mulai mencintai produk-produk dalam negeri kita,” ungkap Jokowi.

Jokowi juga menjelaskan, saat ini dunia sedang beradu cepat untuk menangani pademi Covid-19. Sebab itu kata dia, Indonesia harus terus berinovasi.

“Kita harus menjawabnya dengan inovasi dan karya-karya nyata yang konkret dan ini adalah momentum baru, ini adalah momentum baru bagi kebangkitan bangsa,” kata Jokowi.

Dia menjelaskan, saat ini adalah momentum baru kebangkitan dunia sains. Khususnya di Indonesia dalam bidang kesehatan.

“Ini adalah momentum baru kebangkitan Bidang sains dan teknologi kita dan khususnya di bidang kesehatan,” ungkap Jokowi.(yaya)