Cegah Penularan Corona, Polri Tempuh Jalur ‘Alternatif’ agar Masyarakat Tunda Mudik

fokusmedan : Presiden Joko Widodo memutuskan melarang tradisi mudik tahun ini dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona tipe 2 (SARS-CoV-2), penyebab Covid-19. Namun, tak sedikit masyarakat tetap nekat berusaha pulang kampung dengan berbagai cara meski akhirnya diminta petugas kembali atau putar balik ke lokasi awal.

Polri juga menempuh cara humanis untuk menyampaikan pesan agar masyarakat tidak mudik selama pandemi covid-19. Kasubdit Laka Ditgakkum Korlantas Polri, Kombes Pol Agus Suryo menciptakan lagu berjudul Ra Mudik Ra Po Po menggandeng penyanyi dangdut asal Boyolali, Abah Lala.

“Kami mengerti perasaan masyarakat yang harus menunda mudik tahun ini. Tapi kami berharap setidaknya lagu ini bisa sedikit menghibur mereka yang tak mudik karena pandemi covid-19 ini,” ujar Agus Suryo, Senin (18/5).

Agus mengungkapkan inspirasi lirik lagu tersebut didapat dari bertugas. Dia berharap pandemi ini cepat berlalu dan masyarakat bisa mudik bertemu dengan orangtua atau sanak saudaranya.

“Kami mengajak masyarakat, mari kita saling bekerja sama agar pandemi covid-19 ini segera hilang, salah satu usahanya adalah tidak mudik,” jelas dia.

“Jangan sampai mudik malah membahayakan diri sendiri, orangtua atau sanak saudara,” tutur dia.(yaya)