6 Penyebab Paru-Paru Basah yang Perlu Diwaspadai, Infeksi Bakteri hingga Imun Lemah

fokusmedan : Paru-paru merupakan salah satu organ vital yang mempunyai peranan penting dalam kinerja tubuh. Bukan tanpa alasan, organ ini termasuk dalam salah satu organ sistem pernapasan yang berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida dari darah. Jika organ ini mengalami gangguan atau masalah tentu saja akan berdampak buruk bagi kesehatan bahkan nyawa seseorang.

Untuk itu, setiap orang perlu menjaga kesehatan organ paru-paru dengan baik. Jika disepelekan begitu saja, maka berbagai risiko penyakit yang menyerang paru-paru bisa datang mengancam. Salah satu risiko penyakit paru-paru yang cukup berbahaya dan tidak boleh dianggap remeh adalah paru-paru basah.

Paru-paru basah atau disebut juga dengan pneumonia merupakan gangguan sistem pernapasan yang disebabkan oleh bakteri, virus, ataupun jamur. Bakteri, virus, dan jamur ini bisa masuk ke dalam tubuh dan berkembang biak, kemudian dapat menghancurkan sel-sel penting di dalam tubuh.

Sebagai salah satu infeksi penyakit pernapasan akut, paru-paru basah umumnya akan membuat penderita mengalami kesulitan bernapas. Hal ini tidak lain disebabkan oleh alveoli yang dipenuhi dengan berbagai cairan tubuh. Alveoli sendiri merupakan salah satu bagian paru-paru berbentuk rongga cekung dengan dikelilingi kapiler, yang berfungsi untuk tempat pertukaran oksigen dan karbondiksida.

Bagi orang yang mengalami masalah kesehatan ini, sangat disarankan untuk segera ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan dan perawatan yang cepat dan tepat. Jika diabaikan, kondisi akan semakin buruk dan penyakit paru-paru basah pun akan sulit disembuhkan.

Selain melakukan tindakan penanganan, penderita juga haru mengetahui dan mengenali hal apa saja yang menjadi penyebab penyakit tersebut. Hal ini akan membantu penderita untuk lebih waspada dan memperhatikan lingkungan sekitar supaya tidak memperparah keadaan.

Dilansir dari Bola.com, berikut kami telah merangkum beberapa penyebab paru-paru basah yang perlu diketahui.

Infeksi Bakteri

Penyebab paru-paru basah yang pertama bisa datang dari infeksi bakteri. Umumnya penyebab paru-paru basah yang satu ini muncul karena infeksi bakteri Streptococcus pneumonia. Dalam hal ini, bakteri atau kuman ditularkan dari orang lain maupun melalui penggunaan alat ventilator dalam jangka panjang.

Bukan hanya Streptococcus pneumonia, paru-paru basah juga disebabkan oleh bakteri lain. Seperti Legionella pneumophila, Mycoplasma pneumoniae, Staphylococcus aureus, dan Haemophilus influenzae. Penyakit ini bisa terjadi dengan sendirinya, setelah penderita mengalami flu dan pilek akibat infeksi bakteri-bakteri tersebut.

Infeksi Virus

Penyebab paru-paru basah selanjutnya berasal dari infeksi virus. Umumnya paru-paru basah yang disebabkan oleh infeksi virus banyak terjadi pada anak di bawah usia 5 tahun. Dalam hal ini infeksi virus juga dapat mengakibatkan beberapa gangguan pernapasan lain. Mulai dari flu, bronkitis, hingga bronkiolitis.

Untuk itu, bagi para orang tua penting untuk memperhatikan lingkungan sekitar tetap terjaga bersih dan bebas dari virus. Dengan begitu, keluarga dapat hidup sehat dan anak bebas dari ancaman berbagai penyakit, termasuk penyakit paru-paru basah.

Infeksi Jamur

Infeksi jamur juga termasuk salah satu penyebab paru-paru basah yang tidak boleh disepelekan. Biasanya penyebab paru-paru basah yang satu ini terjadi akibat menghirup jamur dari tanah atau kotoran burung yang kemudian masuk ke dalam sistem pernapasan tubuh. Hal ini pun dapat memberikan risiko yang lebih parah pada orang dengan penyakit kronis atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Orang kategori tersebut mempunyai risiko yang lebih besar dibandingkan orang dalam keadaan sehat. Perlu diketahui, penyebab paru-paru basah akibat infeksi jamur ini biasanya berasal dari jamur Pneumocystis jirovecii, Cryptococcus, dan Histoplasmosis.

Sistem ImunitasĀ Lemah

Penyebab paru-paru basah berikutnya juga bisa datang dari sistem imun tubuh yang lemah. Pada orang yang mempunyai daya tahan tubuh yang lemah, secara otomatis akan lebih mudah terserang berbagai penyakit. Termasuk salah satu di antaranya adalah paru-paru basah.

Orang dengan imunitas tubuh yang tidak kuat akan mudah terserang infeksi virus, bakteri, dan jamur penyebab paru-paru basah. Infeksi ini akan berkembang biak di dalam tubuh, sehingga akan merusak dan mengganggu sistem kerja tubuh. Maka dari itu, menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh menjadi kewajiban yang harus dilakukan setiap orang.

Kebocoran Organ Tubuh LainĀ 

Penyebab paru-paru basah juga bisa mendapat pengaruh dari kebocoran organ lain yang ada di dalam tubuh. Dikatakan bahwa orang yang mengidap penyakit liver seperti sirosis dan gagal ginjal mempunyai risiko tinggi terkena paru-paru basah.

Pada kondisi tersebut, pleura dalam paru-paru yang mengalami iritasi, infeksi, atau peradangan akan memproduksi banyak cairan. Cairan tersebut kemudian akan tertumpuk di dalam tubuh, lalu menyebar ke rongga pleural yang menyebabkan paru-paru basah. Ini tentu saja menjadi salah satu penyebab paru-paru basah yang perlu diwaspadai, terutama bagi orang yang mempunyai penyakit bawaan.

Faktor Usia

Penyebab paru-paru basah yang terakhir adalah faktor usia. Dikatakan, bayi yang berumur 2 tahun ke bawah mempunyai risiko tinggi terhadap penyakit ini. Bukan hanya itu, orang lanjut usia yang sudah menginjak usia 65 tahun juga berisiko tinggi terkena gangguan paru-paru basah. Pasalnya, kedua kelompok umur ini mempunyai sistem kekebalan tubuh yang rendah sehingga sangat rentan terkena infeksi penyakit.(yaya)