Jaga Imunitas, Pengendara Motor Bisa Lakukan Tips Ini

fokusmedan : Berbagai cara bisa dilakukan untuk melindungi diri dari terjangkit penyakit berbahaya yang sedang mewabah saat ini. Seperti halnya upaya mencegah penyebaran Covid-19 yang dilakukan pemerintah melalui himbauan agar masyarakat melakukan physical distancing atau menjaga jarak fisik.dengan beraktivitas di rumah yang berdampak dengan meliburkan sekolah, maupun sejumlah perusahaan yang berhenti beroperasi ataupun mempersilahkan para pegawainya untuk bekerja dari rumah.

Namun, masih banyak masyarakat dari berbagai profesi yang masih harus bekeja keluar rumah dan beraktivitas di tengah pandemi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, termasuk para pengendara motor. Karena itu mereka tentunya tetap harus terus menjaga kesehatan dengan berbagai upaya, salah satunya membekali tubuh dengan imunitas atau kekebalan tubuh yang tinggi.

Dimana sistem imun akan bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai bakteri dan virus yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Mengingat setiap orang memiliki imunitas tubuh yang berbeda-beda, maka diharapkan masyarakat harus selalu waspada menjaga kekebalan tubuhnya.

Menyikapi kondisi tersebut, maka PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut pada kesempatan ini ingin berbagi tips tentang bagaimana menjaga imunitas bagi para pengendara motor di tengah kondisi darurat kesehatan saat ini.

Pertama, penting menerapkan pola hidup sehat seperti mencukupi kebutuhan  istirahat yang cukup dengan tidur 7-8 jam per hari, sehingga sistem imunitas dapat bekerja dengan ebih efektif. Selain itu juga makan makanan bergizi seimbang yang memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral juga sangat baik meningkatkan imunitas tubuh.

Kedua, rajinlah untuk mencuci tangan  dengan sabun setiap kali usai berkendara dengan motor agar tubuh terhindar dari berbagai virus yang menempel di berbagai benda di sekitar kita. Selain itu selalu gunakan masker setiap kali berkendara maupun sedang beraktivitas di luar rumah, karena masker tidak hanya akan melindungi diri kita dari virus penyakit, namun dapat mencegah penularan pada orang lain.

Ketiga, Meningkatkan sistem imun dengan paparan sinar matahari selama 5 sampai 10 menit juga sangat dianjurkan. Karena paparan sinar matahari juga dapat meningkatkan kadar vitamin D yang sangat penting untuk kesehatan tulang.

Keempat, sangat dianjurkan untuk rutin berolahraga setidaknya selama 30 menit per hari, karena hal ini berguna untuk melawan virus-virus yang mudah menempel pada tubuh orang yang jarang berolahraga.

Kelima, stress yang tidak terkendali dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh, karenanya  sangat perlu mengelola stress dengan baik untuk menghindari penurunan imun tubuh.

Gunarko Hartoyo, Corporate and Marketing Communication Manager PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan virus dengan jenis self limiting disease seperti ini umumnya sembuh jika tubuh seseorang memiliki imunitas yang baik.

Karenanya penting sekali bagi masyarakat yang masih harus beraktivitas keluar rumah, terutama para pengendara motor untuk bekerja  menjaga kesehatan tubuh  dan meningkatkan kekebalan untuk menghindari kemungkinan terjangkit virus.

“Dengan selalu menjaga kesehatan diri, mari bersama kita wujudkan Satu Hati bersama Indonesia sehat, “ ujar Gunarko.(ril)