Jokowi Akui Baru 10 Persen Masyarakat Terima BLT di Tahap Pertama

fokusmedan : Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengakui saat ini bantuan yang diberikan pemerintah belum 100 persen selesai. Dia menjelaskan saat ini baru tahap pertama untuk membantu masyarakat yang terkena dampak adanya Pandemi Covid-19 baru dilakukan.

“Memang untuk tahapan pertama belum 100 persen selesai. Di sini tahap pertama sudah selesai. Tetapi di tempat-tempat lain saya cek misalnya BLT desa itu baru yang diterima masyarakat baru 10 persen,” kata Jokowi usai meninjau pembagian bantuan tunai di Kantor Pos, Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/5).

Sebab itu, Jokowi meminta kepada masyarakat agar menunggu bantuan tersebut. Jika belum, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta masyarakat untuk menanyakan pada aparat desa.

“Jadi mohon masyarakat masih menunggu, menanyakan juga pada aparat desa baik RT, RW maupun kepala desa,” ungkap Jokowi.

Dia juga mengapresiasi kinerja antara pusat dan daerah walaupun dalam keadaan yang tidak bisa diprediksi. Walaupun ada data yang belum lengkap, Jokowi minta pada tahap kedua bisa diperbaiki lebih baik lagi.

“Memang ada 1 2 3 yang berkaitan dengan data itu masih belum bisa diperbaiki. Tetapi nanti pada tahapan kedua bulan depan bisa diperbaiki lagi. Insyaallah lebih baik lagi,” ucap Jokowi.

Siapkan Banyak Bantuan

Jokowi juga mengatakan pemerintah telah menyiapkan sejumlah bantuan. Mulai dari Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan langsung tunai (BLT), hingga Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Banyak sekali sehingga kita harap bs jangkau kurang lebih 55 persen dari penduduk kita baik itu yang kurang mampu maupun terkena dampak pandemi covid,” jelasnya.

Menurut dia, pemberian bansos tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memperkuat daya beli masyarakat. Sehingga, konsumsi domestik kembali normal pasca pandemi corona.(yaya)