BNPB: Juni Covid-19 Bisa Turun, Asal Warga Patuh PSBB

fokusnedan : Kepala Pusat Pengendalian Operasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Bambang Surya Putra menyampaikan, dirinya yakin kalau tren penambahan kasus positif per harinya mulai menurun periode Juni 2020. Namun, hal ini bisa terlaksana apabila masyarakat patuh terhadap ketentuan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB).

“Ini kalau dari berbagai permodelan dari University of Singapore, WHO atau sebagainya itu boleh jadi diprediksikan kalau bisa mempertahankan PSBB ini dengan baik, Juni atau awal Juni, sudah mulai menurun, ya. Untuk kemudian bisa mulai membuka aktivitas ekonomi,” kata Bambang di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Rabu (13/5).

Katanya, keyakinan dirinya itu tak akan terjadi apabila masyarakat tak menaati PSBB.

“Kalau di daerah dan di dalam pelaksanaan PSBB ini kendor, tentunya bisa terjadi kontraproduktif dengan apa yang diharapkan,” tuturnya.

Oleh karena itu, tegas Bambang, dirinya mengharapkan agat masyarakat tetap mematuhi ketentuan dalam PSBB. Dengan begitu, proses penularan Covid-19 bisa ditekan.

“Nah, ini harus disadarkan kepada semua masyarakat, supaya protokol kesehatan akan terus kami laksanakan bersama-sama. Sampai betul-betul menyatakan bahwa Indonesia sudah bebas dari Covid-19 atau pun ditemukan vaksinnya,” pungkasnya.(yaya)