VPN Adalah Cara Aman Mengakses Jaringan Secara Pribadi, Ketahui Cara Kerjanya

fokusmedan : VPN adalah sebuah cara aman untuk mengakses suatu jaringan lainnya dengan menggunakan jaringan umum secara pribadi. VPN yang merupakan singkatan dari Virtual Private Network dapat digunakan untuk mengakses situs web yang terbatas pada daerah tertentu, melindungi aktivitas penelusuran Anda melalui Wi-Fi publik, dan masih banyak lagi.

VPN ini biasanya banyak digunakan untuk membuka website yang tidak bisa diakses, atau website yang diblokir. Awalnya, VPN adalah dibuat hanya sebagai cara untuk menghubungkan jaringan bisnis bersama dengan aman melalui internet, atau agar memungkinkan Anda untuk mengakses jaringan bisnis dengan aman dari rumah.

Manfaat VPN

Dilansir dari howtogeek.com, dalam istilah yang sederhana, VPN menghubungkan perangkat PC, ponsel pintar, atau tablet Anda ke komputer lain (yang disebut server) di suatu tempat di internet, dan memungkinkan Anda untuk menjelajah internet menggunakan koneksi internet komputer tersebut. Jadi, jika server itu berada di negara yang berbeda, VPN akan membuat seolah-olah Anda berasal dari negara tersebut, dan Anda berpeluang untuk mengakses website atau konten yang tidak bisa Anda akses di daerah jangkauan Anda pada umumnya.
Jadi, bagaimana VPN dapat membantu Anda? VPN dapat berguna untuk:
• Menjelajahi situs web dengan mengabaikan batas geografis
• Melindungi diri Anda dari pengintaian pada hotspot Wi-Fi yang tidak dapat dipercaya.
• Anonimitas online dengan menyembunyikan lokasi Anda yang sebenarnya.
• Melindungi diri Anda saat sedang melakukan torrenting.
Banyak orang saat ini menggunakan VPN untuk melewati batasan geografis jaringan mereka untuk melihat konten atau website di negara lain.

Cara kerja VPN

Saat Anda menghubungkan komputer Anda (atau perangkat lain, seperti ponsel pintar atau tablet) ke VPN, komputer bertindak seolah-olah komputer itu berada di jaringan lokal yang sama dengan VPN. Semua lalu lintas jaringan Anda dikirim melalui koneksi aman ke VPN.

Karena komputer Anda berperilaku seolah-olah berada di jaringan yang sama dengan VPN, hal ini memungkinkan Anda untuk mengakses sumber daya jaringan lokal dengan aman, meskipun ketika Anda berada di sisi negara lain. Anda juga dapat menggunakan Internet seolah-olah Anda hadir di lokasi VPN, yang memiliki beberapa manfaat jika Anda menggunakan Wi-Fi umum atau ingin mengakses situs web yang diblokir secara geografis.

Ketika Anda menjelajahi situs web dengan terhubung ke VPN, komputer Anda menghubungi situs web melalui koneksi VPN yang terenkripsi. VPN meneruskan permintaan untuk Anda dan meneruskan tanggapan dari situs web kembali melalui koneksi aman. Jika Anda menggunakan VPN yang berbasis di negara A untuk mengakses suatu website, website tersebut akan melihat koneksi Anda berasal dari dalam negara A.

Contoh Penggunaan VPN

VPN adalah alat yang cukup sederhana, tetapi dapat digunakan untuk melakukan berbagai hal, seperti:

• Akses Jaringan Bisnis Saat Bepergian: VPN sering digunakan oleh para pelancong bisnis untuk mengakses jaringan bisnis mereka, termasuk semua sumber daya jaringan lokal, saat dalam perjalanan.
• Akses Jaringan Rumah Anda Saat Bepergian: Anda juga dapat mengatur VPN Anda sendiri untuk mengakses jaringan Anda sendiri saat bepergian. Dengan begitu, akan memungkinkan Anda untuk mengakses Windows Remote Desktop melalui Internet, menggunakannya untuk berbagi file lokal, dan memainkan game melalui Internet seolah-olah Anda berada di LAN (jaringan area local) yang sama.
• Menyembunyikan Aktivitas Jelajah Anda Dari Jaringan Lokal dan ISP Anda: Jika Anda menggunakan koneksi Wi-Fi publik, aktivitas browsing Anda di situs web non-HTTPS dapat terlihat oleh beberapa orang, jika mereka tahu cara melihatnya. Jika Anda ingin menyembunyikan aktivitas penjelajahan Anda untuk mendapatkan privasi, Anda dapat menghubungkan perangkat Anda ke VPN. Jaringan lokal hanya akan melihat satu koneksi VPN yang aman. Semua lalu lintas lainnya akan berjalan melewati koneksi VPN.
• Mengakses Situs Web yang Diblokir: Jika Anda adalah orang dari negara A yang mencoba mengakses website lokal dari negara anda saat bepergian ke luar negeri, atau Anda berharap dapat menggunakan situs media negara A, Anda dengan mudah dapat mengakses website lokal dari negara Anda di luar negeri jika Anda terhubung ke VPN yang berlokasi di negara A.

Menggunakan VPN di Windows

Untuk terhubung ke VPN cukup sederhana. Di Windows, tekan tombol Windows, ketik VPN, dan klik opsi koneksi Siapkan jaringan pribadi virtual (VPN). Jika Anda menggunakan Windows 8, Anda harus mengklik kategori Pengaturan setelah pencarian.

Gunakan wizard untuk memasukkan alamat dan login kredensial layanan VPN yang ingin Anda gunakan. Kemudian Anda dapat terhubung ke VPN dan juga memutuskan sambungan dari VPN dengan menggunakan ikon jaringan di baki sistem, yang sama di mana Anda mengelola jaringan Wi-Fi yang terhubung dengan perangkat Anda.(yaya)