20/04/2024 17:49
NASIONAL

Disambut Kata ‘Hore!’, Kim Jong-un Muncul di Depan Publik Setelah Hilang 21 Hari

fokusmedan : Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akhirnya muncul di depan publik menghadiri pemotongan pita dalam peresmian di pabrik pupuk Sunchon setelah 21 hari menghilang dari sorotan media. Kim terakhir kali dilaporkan muncul di depan publik pada 11 April lalu.

Dikutip dari laman NK News, Sabtu (2/5), stasiun radio pemerintah melaporkan Kim melakukan inspeksi ke pabrik itu kemarin untuk memperingati hari Buruh Internasional 1 May.

Kim ditemani adik perempuannya, Kim Yo-jong dan juga pejabat tinggi Korut, Pak Pong-ju, Kim Dok-hun, Pak Thae-song, dan Jo Yong Won, kata radio pemerintah itu.

Kunjungan Kim ke pabrik itu disambut gegap gempita para hadirin yang menyambutnya dengan teriakan ‘horee!’, kata laporan media pemerintah KCNA.

Kantor berita Reuters tidak bisa memastikan kebenaran kabar ini secara independen.

Kim terakhir kali mengunjungi pabrik itu pada 7 Januari 2020, menurut data NK Pro Leadership Tracker.

Dalam sepekan terakhir beredar sejumlah spekulasi tentang kondisi dan keberadaan Kim. Dia tidak hadir dalam hari kelahiran kakeknya, pendiri Korut–Kim Il-sung–pada 15 April. Dia juga dilaporkan baru menjalani operasi jantung.

Kim kemudian tidak tampak muncul lagi di depan publik setelah menghadiri pertemuan politbiro Partai Pekerja pada 11 April yang dilaporkan harian pemerintah Rodong Sinmun.

Berbagai media internasional kemudian menyoroti kondisi kesehatan Kim, sebagian bahkan menyebut dia sudah meninggal.

Foto citra satelit yang dilaporkan situs 38 North memperlihatkan sebuah kereta pribadi Kim berada di lokasi wisata Wonsan di pesisir timur Korut bersama sejumlah kapal mewah yang biasa dia pakai. Foto itu dinilai bisa menjadi pertanda dia masih hidup.(yaya)