Menaker Apresiasi Buruh Saat May Day 2020 Tetap di Rumah

fokusmedan : Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan peringatan Hari Buruh tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada demo di jalan, namun para buruh bahu membahu melakukan bakti sosial dan mengumpulkan donasi.

Kemnaker sendiri melakukan rapid test atau tes cepat deteksi Virus Corona kepada para buruh dalam memperingati Hari Buruh. Hal tersebut disampaikan dalam konferensi virtual di Jakarta, Jumat (1/5).

“Kemnaker dalam memperingati Hari Buruh Internasional ada beberapa penyelenggaraan rapid test pada buruh untuk pencegahan dan penyebaran Covid-19,” ujar Menteri Ida.

Menteri Ida juga mengapresiasi para buruh untuk tetap di rumah agar penyebaran Virus Corona dapat ditekan. “Saya ingin mengucapkan selamat memperingati hari buruh kepada pekerja dan buruh di Indonesia. May day ini di tengah pandemi Covid-19, maka tetap di rumah,” jelasnya.

Dia menambahkan, peringatan Hari Buruh tetap harus disyukuri bersama meskipun saat ini bangsa Indonesia sedang dilanda wabah pandemi Covid-19. Penyebaran pandemi ini telah membatasi ruang gerak semua orang bahkan dampaknya dirasakan hampir seluruh sendi kehidupan.

“Kita harus tetap semangat. Ruang gerak yang terbatas hendaknya tidak menjadi hambatan bagi kita untuk tetap melakukan dialog silaturahmi dan kegiatan positif lainnya. Saya mengharapkan kita semua bisa bekerja sama terus,” tandasnya.

May Day 2020, Kemnaker Gandeng Siloam Rapid Test  Corona 1000 Buruh

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggandeng Siloam melaksanakan rapid test virus corona untuk 1.000 pekerja dan buruh. Rapid test bagi para pekerja dan buruh dilaksanakan dalam 4 gelombang di Gedung Serba Guna, Kementerian Ketenagakerjaan.

Sehubungan dengan peringatan May Day 2020, bertepatan dengan terjadinya pandemi Covid-19, Kemnaker melakukan kerjasama para pihak khususnya pimpinan serikat pekerja/serikat buruh dalam mengedepankan kegiatan-kegiatan yang bersifat konstruktif.

Dalam upaya menekan penyebaran Covid-19 semakin meluas, Kemnaker bekerjasama dengan RS Siloam telah melakukan kegiatan rapid test bagi pekerja/buruh. Tentunya pelaksanaan ini dilakukan dengan mematuhi ketentuan dan protokol pencegahan Covid-19.

Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah, mengapresiasi gerakan dan aksi kolektif pekerja dan buruh di seluruh dunia, terutama di Indonesia dalam membangun negara dan ekonomi nasional. Menurutnya, merekalah fondasi dasar bagi dinamika masyarakat yang membawa prestasi sosial dan ekonomi nasional.

“Kami atas nama pemerintah mengucapkan selamat memperingati Hari Buruh Internasional (May Day). Semoga dapat memperkuat kebersamaan, persaudaraan, jiwa kebangsaan, alat pemersatu bangsa, dan meningkatkan ketahanan sosial,” ujarnya di Jakarta, Jumat (1/5).

“Saya juga apresiasi kerjasama dengan Siloam dalam memberikan Rapid Test kepada para pekerja dan buruh,” tambahnya.

Wakil Direktur Utama RS Siloam, Caroline Riady, turut mengucapkan selamat Hari Buruh khususnya bagi pekerja dan buruh esensial dan di garis depan bidang kesehatan yang telah melayani dengan keberanian di situasi pandemi Covid-19. “Kami senang bisa berpartisipasi dan ikut meringankan beban para pekerja dan buruh dengan menyatakan kepedulian kami.(yaya)