Gibran sebut Presiden Jokowi Tidak Mudik ke Solo

fokusmedan : Putra sulung Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Gibran Rakabuming Raka belum mengetahui apakah kedua orang tuanya akan mudik saat Lebaran nanti. Gibran tampak ragu-ragu saat wartawan menanyakan hal tersebut, di sela kegiatan hari ini.

“Belum tahu, belum. Mungkin tidak,” ujar Gibran seusai menyerahkan bantuan APD ke Mapolresta Surakarta, Selasa (28/4).

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo yang turut hadir dalam kegiatan tersebut sempat bertemu dan berbincang akrab dengan Gibran sejak sebelum acara dimulai. Kepada wartawan Purnomo mengaku salah satu materi perbincangan mereka adalah terkait kepulangan Jokowi saat Lebaran (mudik).

“Tadi hanya nanya kabar, sehat, semangat. Nggak ada politik. Semua bahas Corona ini. Saya tanya bapak (Jokowi) mudik enggak? Dan dijawab mas Gibran, enggak,” katanya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo alias Jokowi telah mengeluarkan larangan mudik bagi masyarakat agar penularan virus corona bisa diminimalisir. Larangan tersebut mulai berlaku Jumat pekan lalu. Dan hingga saat ini ribuan kendaraan pemudik telah diminta putar balik. Pelarangan mudik juga didukung dengan penghentian moda transportasi massal lainnya.

Terkait kepulangan Presiden Jokowi Sebelumnya, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mempersilakan jika ada kaitannya dengan tugas kenegaraan.

“Silakan saja kalau ada tugas kenegaraan. Masa presiden kita karantina,” katanya.

Namun demikian ia yakin, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak akan mudik ke Solo saat hari raya. Apalagi Jokowi telah membuat larangan mudik yang tidak mungkin dilanggarnya sendiri. Rudy meminta semua pihak mematuhi larangan mudik, termasuk para pejabat. Pemkot Solo, lanjut dia, juga telah menyiapkan rumah karantina bagi siapa pun yang mudik ke Solo.(yaya)