Cara Menjaga Imun Tubuh Tetap Kuat saat Puasa Ramadhan

fokusmedan : Menjalankan ibadah puasa adalah hal yang wajib dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia. Tidak jarang selama berpuasa Ramadhan, tubuh akan lebih mudah untuk lelah hingga mudah terserang penyakit. Hal tersebut jelas dapat mempengaruhi produktivitas.

Tidak perlu khawatir, simak ulasan mengenai 5 cara menjaga imun tubuh saat berpuasa Ramadhan berikut ini.

Penuhi Nutrisi Saat Berbuka dan Sahur

Salah satu cara menjaga imun tubuh saat berpuasa Ramadhan adalah dengan memenuhi nutrisi dan gizi yang diperlukan tubuh. Dilansir dari Halodoc, perut yang tidak terisi selama lebih dari 12 jam akan meningkatkan risiko tubuh untuk terserang berbagai penyakit pencernaan.

Maka dari itu, mengonsumsi nutrisi yang dapat meningkatkan imun tubuh adalah cara yang tepat untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan Anda.

Bayam
Bayam dipercaya merupakan sayuran hijau yang memiliki kandungan antioksidan, serat, dan vitamin B yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang berguna untuk meningkatkan imun tubuh. Anda dapat mengonsumsi bayam saat sahur ataupun berbuka.

Telur
Telur adalah sumber protein yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Tidak hanya itu, telur juga memiliki vitamin B-kompleks dan vitamin D yang berguna untuk meningkatkan imun tubuh. Anda dapat mengonsumsi 1 butir telur saat berbuka dan 1 butir lainnya di waktu sahur.

Jahe
Cara menjaga imun tubuh saat berpuasa Ramadhan adalah dengan mengonsumsi jahe. Jahe merupakan salah satu bahan makanan yang dikenal dengan baik lantaran sering dimanfaatkan sebagai jamu atau obat tradisional.

Hal ini lantaran jahe mengandung antimikroba yang ampuh untuk meningkatkan imun tubuh dan menangkal berbagai gangguan kesehatan.

3 dari 7 halaman

Jamur
Jamur dapat bermanfaat bagi tubuh untuk membantu pembentukan sel darah putih. Sel darah putih inilah yang berperan untuk melawan berbagai patogen yang dapat mengancam kesehatan tubuh.

Semangka
Berpuasa akan semakin meningkatkan risiko dehidrasi apabila Anda tidak mengonsumsi air putih dengan cukup. Untuk mengantisipasi kekurangan cairan di dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsi semangka yang memiliki kandungan air tinggi secara rutin dengan menambahkan semangka pada menu berbuka dan sahur puasa Ramadhan.

Yoghurt
Yoghurt adalah minuman sehat yang mengandung vitamin D dan berbagai bakteri aktif baik yang dapat meningkatkan imun tubuh. Tidak hanya itu, yoghurt juga dipercaya berkhasiat secara ampuh untuk menjaga sistem pencernaan. Konsumsi yoghurt saat berbuka ataupun saat sahur.

Bawang Putih
Cara menjaga imun tubuh saat berpuasa Ramadhan salah satunya adalah dengan mengonsumsi bawang putih. Kandungan antioksidan juga dipercaya terdapat pada bawang putih.

Rutin mengonsumsi bawang putih diklaim dapat menghilangkan berbagai bakteri jahat yang dapat membuat tubuh menjadi rentan terserang berbagai penyakit.

Konsumsi Air Putih dengan Cukup

Mengonsumsi air putih dengan cukup adalah salah satu cara menjaga imun tubuh saat berpuasa Ramadhan. Berpuasa mewajibkan umat muslim di Indonesia untuk menahan dahaga dalam kurun waktu lebih dari 12 jam.

Maka dari itu, mengonsumsi air putih yang cukup dapat membuat tubuh tetap terhidrasi dan terhindar dari serangan berbagai penyakit yang mengancam tubuh. Agar konsumsi air putih dapat tercukupi selama puasa Ramadhan, Anda dapat mengonsumsi air putih dengan pola 242.

Konsumsi air putih 2 gelas saat berbuka, 4 gelas pada malam hari sebelum tidur, dan 2 gelas saat menyantap menu sahur Anda.

Istirahat yang Cukup

Meskipun dalam keadaan berpuasa, tubuh juga harus membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Sebab, cara menjaga imun tubuh saat berpuasa Ramadhan salah satunya adalah dengan tercukupinya waktu tidur.

Dilansir dari Liputan6, kurang tidur dapat meningkatkan hormon stress yang akan mengakibatkan peradangan dan menekan fungsi imun tubuh dalam melawan berbagai serangan penyakit dari luar.

Namun, yang perlu diperhatikan pula adalah hindari untuk tidur terlalu lama pada saat berpuasa Ramadhan. Hal ini juga dapat memicu berbagai penyakit secara jangka panjang.

Batasi waktu tidur siang Anda yakni 30 menit dan hindari untuk tidur di saat menjelang berbuka puasa. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga pola tidur Anda agar tetap berkualitas di malam hari.

Melakukan Aktivitas Fisik Secara Rutin

Cara menjaga imun tubuh saat berpuasa Ramadhan berikutnya adalah dengan tetap melakukan aktivitas fisik seperti olahraga secara rutin. Anda dapat memilih dan melakukan berbagai jenis olahraga ringan untuk menjaga daya tahan tubuh saat berpuasa.

Lakukan olahraga secara rutin sesaat sebelum menjelang berbuka puasa ataupun setelah berbuka puasa. Dengan berolahraga secara rutin minimal 30 menit, maka imun tubuh akan senantiasa tetap terjaga.

Selain itu, melakukan olahraga yang berkualitas juga akan membantu pola tidur Anda.

Kelola Stres

Stres merupakan salah satu faktor menurunnya imun tubuh. Maka dari itu, cara menjaga imun tubuh saat berpuasa Ramadhan berikutnya adalah dengan mengelola stres.

Stres yang berlebihan diklaim dapat memicu hormon kortisol. Hormon inilah yang dapat mengacaukan sistem kekebalan yang ada di dalam tubuh. Anda dapat mengelola stres dengan berbagai macam cara, di antaranya adalah dengan melakukan hobi ataupun cukup dengan bersantai sembari mendengarkan musik yang menenangkan.

Itulah cara menjaga imun tubuh saat berpuasa Ramadhan yang perlu diperhatikan agar ibadah puasa Anda tetap terjaga dan berkualitas sehingga dapat meningkatkan iman serta takwa kepada Allah SWT.(yaya)