Demi Transparansi, Google Perketat Proses Verifikasi Pengiklan

fokusmedan : Google baru saja mengetok palu untuk menggulirkan sebuah kebijakan baru khusus para pengiklan di platformnya.

Kebijakan tersebut berupa semua pengiklan harus menyelesaikan proses verifikasi sebelum memasang iklan di platform miliknya.

Kebijakan yang akan diterapkan mulai musim panas tahun ini, atau sekira Juni 2020, merupakan upaya perusahaan membuat praktik iklannya lebih transparan.

Berdasarkan keterangan di blog perusahaan, para pengiklan disebut harus menyerahkan sejumlah dokumen identifikasi pribadi dan bisnis untuk membuktikan identitas serta negara mereka beroperasi.

Google sampai saat ini baru memberlakukan verifikasi identitas hanya untuk para pengiklan politik. Proses verifikasi juga sering digunakan untuk menyaring pengiklan mencurigakan, seperti yang berusaha menjual masker medis palsu saat pandemi Covid-19.

Dikutip dari Reuters via Tekno Liputan6,com, Google mengatakan akan memulai verifikasi pengiklan secara bertahap di Amerika Serikat (AS), dan melanjutkannya secara global.

Perusahaan memperkirakan proses ini akan memakan waktu beberapa tahun untuk selesai.

Anak usaha Alphabet itu juga mengungkapkan, para pengguna juga akan bisa melihat informasi tentang pengiklan di balik iklan yang mereka lihat mulai musim panas ini.(yaya)