8 Makanan Penyebab Asam Urat yang Perlu Diperhatikan, dari Ikan Laut hingga Sayuran

fokusmedan : Asam urat adalah penyakit yang menyerang bagian persendian. Penyakit ini disebabkan karena zat purin yang ada di dalam tubuh meningkat sehingga membuat ginjal kesulitan bekerja. Zat purin yang tidak terbuang ini akan menumpuk pada sendi dan berubah menjadi kristal.

Zat purin sendiri adalah zat yang ada di berbagai makanan, tapi dengan kadar yang berbeda-beda. Ketika tubuh perlu memecah purin, tubuh juga akan memproduksi asam urat semakin banyak. Oleh sebab itu, bila semakin bayak penderita asam urat mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi purin, tubuh akan lebih banyak memproduksi asam urat.

Ada banyak makanan yang memiliki kadar purin yang tinggi. Maka dari itu, penting bagi para penderita asam urat untuk memperhatikan makanan yang dia konsumsi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut makanan penyebab asam urat yang perlu anda perhatikan.

Daging Merah

Makanan penyebab asam urat yang pertama adalah daging. Daging merah seperti daging sapi, kambing, dan domba merupakan kadar purin yang tinggi. Daging-daging tersebut dianjurkan untuk tidak dikonsumsi oleh para penderita asam urat.

Selain daging merah, daging angsa dan kalkun juga sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat. Meskipun keduanya termasuk daging putih, kadar purin yang terkandung di dalamnya menjadi alasan. Kedua daging tersebut memiliki kadar purin yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging ayam.

Begitu juga dengan produk olahan pabrik. Daging olahan seperti sosis, salami, kornet, ham, nugget, dan bacon juga menjadi makanan yang sebaiknya dihindari oleh orang yang menderita asam urat.

Untuk mengganti kebutuhan protein agar selalu terpenuhi, anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi daging ayam, kedelai, tahu, dan tempe.

Makanan Laut

Makanan penyebab asam urat yang kedua adalah jenis makanan laut. Meskipun makanan laut seperti ikan laut memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh, namun jika anda memiliki kadar asam urat yang tinggi, sebaiknya anda menghindari jenis makanan ini.

Ikan sarden, teri, makarel, kepiting, dan kerang adalah salah satu contoh makanan laut yang memiliki kadar purin yang tinggi.

Anda bisa mengganti makanan laut tersebut dengan mengonsumsi makanan laut lainnya yang mengandung kadar purin yang rendah. Ikan salmon bisa menjadi pilihan yang baik bagi anda, namun tetap jangan berlebihan dalam mengonsumsinya.

Sayuran

Makanan penyebab asam urat yang ketiga adalah beberapa jenis sayuran. Jangan kira semua sayuran dapat anda konsumsi dengan aman. Meskipun memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa, beberapa sayuran juga memiliki kandungan yang tidak baik bila dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Asparagus, kembang kol, bayam, dan buncis adalah beberapa sayuran yang memiliki kandungan purin yang tinggi dibanding yang lainnya. Anda memang masih diperbolehkan untuk mengonsumsinya, namun dengan porsi yang terbatas.

Jeroan

Makanan penyebab asam urat yang berikutnya adalah jeroan. Mungkin menu makanan berupa organ dalam ini menjadi favorit bagi sebagian orang. Namun jika anda adalah penderita asam urat, sebaiknya anda perlu berpikir kembali jika ingin mengonsumsinya.

Makanan seperti hati, ginjal, otak, dan organ dalam lainnya merupakan salah satu contoh makanan yang memiliki kandungan zat purin yang tinggi. Itulah kenapa para penderita asam urat perlu menghindari jenis makanan yang satu ini.

Makanan Berlemak

Makanan penyebab asam urat yang selanjutnya adalah makanan berlemak. Kebanyakan makanan berlemak dapat memicu kenaikan berat badan. Ketika berat badan seseorang mengalami kenaikan, maka tubuh mereka akan menghasilkan lebih banyak insulin.

Meningkatnya kadar insulin yang ada di dalam tubuh dapat mengganggu fungsi ginjal untuk membuang asam urat. Asam urat yang dibiarkan tidak terbuang pada akhirnya akan menumpuk dan mengendap sehingga membentuk kristal pada persendian. Penyakit asam urat yang semakin berkembang dapat memicu munculnya penyakit lainnya.

Kuah Daging Kental

Makanan penyebab asam urat selanjutnya adalah kuah kental yang berisi daging. Jenis makanan ini sebaiknya dihindari oleh para penderita asam urat karena kemungkinan besar memiliki kandungan santan di dalamnya.

Opor, rendang, semur, dan makanan-makanan yang di buat dengan menggunakan santan memiliki potensi untuk meningkatkan risiko asam urat.

Minuman Manis

Makanan penyebab asam urat berikutnya adalah minuman manis. Jenis minuman seperti minuman soda, minuman kemasan, atau minuman dengan rasa buah memiliki potensi untuk meningkatkan kadar asam urat di dalam darah.

Pada dasarnya, purin yang terdapat di dalam minuman manis disebabkan karena adanya kandungan fruktosa yang tinggi. Inilah yang akhirnya mengakibatkan produksi asam urat menjadi tinggi.

Produk Susu

Makanan penyebab asam urat yang terakhir adalah makanan produk susu. Susu tinggi lemak seperti full cream dipercaya memiliki kandungan purin yang tinggi. Namun, susu skim atau yogurt justru aman dikonsumsi karena memiliki kandungan purin yang rendah.(yaya)