Iran Siapkan Bantuan Uang Tunai Untuk 17 Juta Rumah Tangga Terdampak Pandemi Covid-19

fokusmedan : Pemerintah Iran mempersiapkan bantuan uang tunai untuk 17 juta keluarga atau rumah tangga sebagai upaya meringankan dampak ekonomi akibat pandemi virus corona.

UBank Sentral Iran (CBI) mengatakan hampir 16,5 juta rumah tangga telah menerima bantuan masing-masing sekitar Rp 970 ribu atau USD 62,5 pada Kamis malam waktu setempat.

Uang tunai juga dikirimkan melalui rekening bank untuk 500.000 keluarga lainnya di hari yang sama.

CBI mengatakan, beberapa juta keluarga lainnya akan diberikan bantuan pada pekan depan. Demikian dilansir dari Press TV, Jumat (24/4).

Bantuan itu bagian dari serangkaian upaya pemerintah dalam mengatasi dampak ekonomi akibat pandemi karena banyak warga yang kehilangan pekerjaan karena pandemi.

Pemerintah juga telah mulai melonggarkan tindakan pengurungan atau lockdown yang diterapkan sejak awal Maret, mengizinkan beberapa jenis usaha dan industri buka kembali secara bertahap. Namun demikian, bantuan uang tunai diberikan kepada warga sebagai kompensasi kerugian yang mereka alami selama wabah.

Bantuan uang tunai inklusif, yang menjangkau 23 juta orang, menelan anggaran sebesar USD 1,6 miliar atau sekitar Rp 24,9 triliun.

Pemerintah telah memberikan bantuan tunai dalam bentuk lain kepada hampir 3 juta pekerja yang terkena dampak langsung pandemi ini. Empat juta orang lainnya telah menerima pinjaman mulai dari sekitar Rp 3,6 juta sampai Rp 7,3 juta.

Otoritas kesehatan Iran mengatakan pada Kamis, jumlah kasus virus corona di negara itu telah melampaui 87.000 di mana hampir 65.000 orang telah pulih sejak wabah dimulai pada akhir Februari. Jumlah kematian akibat virus ini mencapai 5.481 pada Kamis.(yaya)